Monday, February 26, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedWTC Transportation Hub New York Beroperasi - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

WTC Transportation Hub New York Beroperasi – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Setelah mundur beberapa tahun dari jadwal, pada awal Maret ini akhirnya stasiun kereta termahal di dunia beroperasi. Disebut termahal, karena pembangunannya menghabiskan lebih dari 3,85 miliar dolar AS atawa lebih dari Rp 50 triliun. Stasiun ini berlokasi di persis sebelah tapak bekas menara kembar World Trade Center (WTC) New York yang luluh lantak diserang teroris 2001.

online-newyork-wtc-transportation-hub1

Masih menggunakan nama “The World Trade Center Transportation Hub”, stasiun ini digadang-gadang akan mampu melayani 200.000 komuter per hari. Stasiun ini karya Santiago Calatrava, arsitek keturunan Spanyol-Swiss, dan saat pembukaan menyebut ini adalah persembahan untuk kota yang dicintainya. “Ini adalah momen besar. Ini ibarat kado untuk New Yorkers. Saya berharap semua warga New York menerima dan menyukainya,” kata Calatrava.

Sebelum akhirnya resmi dibuka, stasiun ini sempat mengundang kontroversi. Pertama karena lokasinya, kemudian proses pembangunannya yang meleset hingga tujuh tahun. Juga desainnya, dengan membuat hall utamanya berbentuk oval raksasa dengan dinding terbentuk dari tulangan baja dan kaca dan disebutnya Oculus. Pada sisi luar, deretan tulangan baja itu dibuat mencuat ke atas, membentuk serupa kepakan sayap burung. Membuat seluruh struktur gedung ini mempunyai lebar 107 meter dan tinggi 35 meter. Semakin kontroversi karena biaya pembangunannya yang melebihi anggaran yang semula sebesar 2 miliar dolar AS (Rp 26 triliun).

online-newyork-wtc-transportation-hub2

Menanggapi itu semua, Calatrava berujar kalau dirinya hanya berharap gedung ini bisa menjadi monumen baru seperti Grand Central, stasiun besar di kota berjuluk Big Apple ini. Pihak Port Authority of New York and New Jersey, pemberi tugas, mengakui, seperti tertuang pada laporan 2008, kalau estimasi biaya pada saat itu terlalu rendah. Tapi mereka tetap mau mengeluarkan dana, karena stasiun ini akan menguntungkan kota.

Stasiun ini memang sudah beroperasi, tapi restoran dan area belanja baru akan buka pada Agustus mendatang. Diprediksi akan ada 250.000 pengunjung ke area komesial ini. Pusat transportasi ini terkoneksi dengan rute kereta komuter PATH ke New Jersey dan tersedia jalur pedestrian indoor ke gedung-gedung Trade Center. Dengan kapasitasnya ini, membuat pusat transportasi ini akan menjadi ketiga terbesar di New York, setelah Grand Central Terminal dan Pennsylvania Station.

Sumber: AFP & ABC

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments