Friday, July 12, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedTerobosan BTN Perbesar Penyaluran KPR - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Terobosan BTN Perbesar Penyaluran KPR – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Banyak hal dilakukan Bank BTN untuk terus memperbesar penyalurann kredit pembiayaan perumahan (KPR). Tahun lalu Bank BTN membuka lembaga BTN Housing Financial Center (HFC) sebagai lembaga riset dan training untuk kalangan awam maupun pengembang untuk menambah wawasan di seputar industri properti.

Direktur Utama BTN Maryono

Direktur Utama BTN Maryono

HFC ini bahkan ditingkatkan menjadi institusi pendidikan dengan menggandeng Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) untuk program Mini MBA Properti yang lulusannya bisa langsung menjadi pengembang. Berbagai inovasi di luar bisnis perbankan ini disebut Direktur Utama Bank BTN Maryono untuk meningkatkan penyediaan perumahan dari sisi suplai.

“Jadi banyak hal yang kami lakukan untuk terus meningkatkan penyerapan perumahan khususnya untuk segmen rumah murah. Kami juga terus menggandeng dan bekerja sama dengan banyak instansi seperti pemerintah daerah, asosiasi, dan sekarang dengan BUMN untuk terus mempercepat dan memperbanyak penyediaan perumahan,” ujarnya saat meneken perjanjian dengan perusahaan BUMN sekaligus membuka ajang Indonesia Properti Expo (IPE) 2016 di Jakarta Convention Center, Sabtu (13/8).

Kerja sama yang dilakukan Bank BTN antara lain dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk untuk membangun rumah yang ada di sepanjang pinggir jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga. Untuk tahap awal ini setidaknya akan dibangun sebanyak 2.000 unit rumah seharga Rp200 juta-Rp300 juta.  Selain dengan Jasa Marga, kerja  sama juga dilakukan dengan Perumnas, PT Wijaya Karya Tbk PT Garuda Indonesia Tbk, dan lainnya.

Masih belum cukup, Maryono juga menyebut dalam waktu dekat akan menggandeng beberapa perusahaan baik lokal maupun dari luar negeri untuk terus meningkatkan penyaluran pembiayaaan perumahan. Beberapa perusahaan multi finance juga akan digandeng untuk meningkatkan penyaluran KPR bagi kalangan pekerja informal maupun berpenghasilan tidak tetap.

“Berbagai inovasi ini akan terus kami lakukan untuk meningkatkan penyaluran pembiayaan yang tetap menjadi core bisnis kami. Terbukti dengan bermacam inovasi ini kami berhasil meningkatkan aset mencapai Rp190 triliun atau naik 21 persen per Juni 2016. Kenaikan ini hampir tiga kali lipat dibandingkan tiga tahun lalu sehingga ranking kami diantara bank nasional juga naik dari peringkat 10 menjadi 7 dan akan dikejar menjadi ranking 6 pada akhir tahun ini,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments