Monday, May 27, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedTerkendala Lahan, Kereta Bandara Akan Beroperasi Awal 2017 - Housing-Estate.com - Portal...

Terkendala Lahan, Kereta Bandara Akan Beroperasi Awal 2017 – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Pembangunan jalur kereta bandara diperkirakan baru akan selesai dan beroperasi awal tahun 2017. Proyek ini tidak bisa dikebut karena karena masih terkendala pembebasan lahan di beberapa titik.

Ilustrasi : Kereta bandara

Ilustrasi : Kereta bandara

“Pembebasan lahan yang belum beres tinggal sedikit dan saat ini yang melakukan gugatan dalam proses tahap akhir. Kita tinggal menyelesaikan yang dari Stasiun Batuceper ke bandara (12 km), jadi cukup optimistis kalau awal tahun depan trek ini sudah bisa beroperasi,” ujar Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro kepada media di Jakarta, Selasa (5/1).

Untuk membangun kereta bandara pemerintah mengeluarkan biaya Rp2,5 triliun, mayoritas untuk pembebasan lahan. Sekurangnya ada 815 bidang tanah yang harus dibebaskan. Beberapa bidang yang belum berhasil dibebaskan lokasinya menempel JORR W2.

Jalur kereta bandara membentang dari Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, ke Bandara Soekarno Hatta Tangerang. Kereta ini akan menjadi alternatif transportasi menuju bandara dan solusi apabila di jalan tol bandara terjadi kemacetan dan banjir. Pengoperasian kereta bandara akan dilakukan PT Railink, perusahaan patungan yang 60 persen sahamnya dimiliki KAI persen dan 40 persen PT Angkasa Pura II. Kereta bandara ini dijadikan pilot project, pemerintah merencanakan kereta sejenis di beberapa kota untuk mempermudah akses ke bandara.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments