Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedSoal Pertanahan Bisa Diurus di  Mal

Soal Pertanahan Bisa Diurus di  Mal

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) meluncurkan layanan pertanahan terintegrasi. Khusus di Jakarta mengurus pertanahan bisa dilakukan di mal. Layanan ini merupakan terobosan yang dilakukan Kementerian ATR/BPN untuk mempermudah pengurusan legalitas pertanahan bekerja sama dengan Mal Kota Kasablanka Jakarta.

Ilustrasi

Ilustrasi

“Ini bukan pertama kalinya kami meluncurkan pelayanan pertanahan di mal, sebelumnya kami juga sudah membuka layanan pertanahan di Mal Gandaria City, Mal Thamrin City, dan lainnya. hanya saja di Kota Kasablanka ini pertama kali untuk layanan pertanahan terintegrasi dan ruang gerainya juga permanen di lower ground,” ujar Adi Dharmawan, Dirjen Infrastruktur Keagrariaan Kementerian ATR/BPN, saat meresmikan gerai layanan pertanahan ini pekan lalu.

Layanan pertanahan terintegrasi ini, lanjut Adi, akan menjadi percontohan dan diduplikasi di kawasan lainnya sehingga akan semakin membuat masyarakat dimudahkan. Layanan terintegrasi sendiri merupakan gerai yang menggabungkan layanan kantor pertanahan dalam satu wilayah provinsi atau lebih.

Dengan sistem yang sudah terkomputerisasi (digital), gerai ini bisa menerima permohonan dari kantor pertanahan di seluruh Jakarta karena sistemnya sudah terpadu. Tahap pertama ini gerai pertanahan di Kota Kasablanka dapat menyediakan tiga layanan utama yaitu pengecekan sertifikat, penghapusan hak tanggungan (roya), dan peningkatan hak dari hak guna bangunan (HGB) ke hak milik (HM) untuk luas bidang kurang dari 600 m2.

“Nantinya layanan di mal ini akan ditingkatkan ke peralihan hak seperti hak tanggungan (cessie), perubahan kreditur, ganti nama, dan lainnya. Masyarakat juga bisa mendapatkan informasi sekaligus berkonsultasi perihal layanan pertanahan. Kota Kasablanka sendiri kami pilih karena lokasinya yang starategis sehingga mengurus pertanahan bisa sekaligus mengajak rekreasi keluarga,” imbuhnya.

Seluruh pembayaran dilakukan secara non tunai sehingga di tempat ini tidak menerima pembayaran tunai dalam bentuk apapun. Kantor pertanahan di Kota Kasablanka ini buka setiap hari Senin-Jumat jam 10-16.30.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments