Wednesday, July 17, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedSMF Siapkan Rp1 Triliun Untuk Program Sejuta Rumah

SMF Siapkan Rp1 Triliun Untuk Program Sejuta Rumah

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Anggaran untuk pembiayaan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) sebesar Rp5,1 triliun yang disediakan pemerintah sudah habis sejak Juli 2015. Untuk mengisi kekosongan itu itu pemerintah menggunakan skema selisih subsidi bunga (SSB) agar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) mendapatkan bunga murah sebesar 5 persen.

rumah sederhana

Ilustrasi

Untuk mendukung pembiayaan di sektor perumahan itu PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) akan menggelontorkan dana hingga Rp1 triliun melalui pembiayaan sekunder (secondary market) kepada pihak perbankan penyalur KPR khususnya Bank BTN. “Rencananya tahun depan kami akan menyalurkan lagi dana sebesar Rp1 triliun untuk mendukung program sejuta rumah. Menurut estimasi kami, total kebutuhan rumah untuk tahun depan mencapai 1,55 juta sehingga dibutuhkan pembiayaan yang lebih besar khususnya dari dana-dana jangka panjang,” ujar Rahardjo Adisusanto, Direktur Utama SMF di Malang, Jawa Timur, akhir pekan lalu.

Idealnya, lanjut Rahardjo, untuk membiayai kebutuhan sebanyak 1,55 juta unit rumah dibutuhkan anggaran mencapai Rp209 triliun. Dengan program sejuta rumah yang saat ini dijalankan, kebutuhan rumah per tahun dan angka defisit (backlog) perumahan yang jutaan unit baru akan bisa diselesaikan dalam kurun waktu 20 tahun. Karena itu sektor perumahan masih akan menjadi bisnis yang sangat prospektif.

“Besarnya kebutuhan perumahan ini juga telah membuat penyaluran dana SMF kepada perbankan terus membesar. Hingga kuartal ketiga tahun 2015 ini saja SMF sudah menyalurkan 96,54 persen dari target atau tumbuh 20,33 persen dibandingkan tahun kemarin dengan total penyaluran mencapai Rp2,1 triliun. Laba bersih kami juga naik sebesar 46,56 persen menjadi Rp192 miliar,” bebernya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments