Friday, July 12, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedRusun Jakarta Dilengkapi Sistem Aplikasi - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Rusun Jakarta Dilengkapi Sistem Aplikasi – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Pembangunan rumah susun (rusun) yang digalakkan Pemprov DKI Jakarta diikuti juga dengan penyediaan aplikasi sistem informasi rusun. Dengan aplikasi ini masyarakat bisa mengetahui seluk-beluk rusun, misalnya jumlah unit  yang tersedia, data penghuni, dan lain-lain. Percontohan sistem aplikasi rusun akan diterapkan di Rusun Cipinang Muara, Kapuk Muara, Cakung Barat, dan Tambora. Sistem aplikasi empat rusun itu dibuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo)  dan akan terkoneksi dengan portal resmi Pemprov DKI Jakarta.

Rumah Susun (Rusun)

Rumah Susun (Rusun)

“Sistem aplikasi informasi ini bisa mengurangi oknum aparat yang suka bermain menjual-belikan dan menyewakan rusun kepada yang tidak berhak. Kami berterima kasih kepada Kementerian Kominfo dengan dibuatkan aplikasi ini,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok),  saat peluncuran piranti ini di Balaikota Jakarta, Selasa (8/12).

Untuk sementara aplikasi ini hanya bisa dibuka staf Dinas Perumahan dan Gedung Pemprov DKI.  Basuki minta  kepada jajaran Dins Perumahan agar informasi ini bisa dibuka oleh masyarakat umum. Minimal mereka dapat melihat data waiting list dan data penghuni rusun. Selain itu sistem aplikasi ini terintegrasi dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk meng-update data secara real time.

“Dengan aplikasi ini bisa diketahui ketersediaan rusun, usia penghuni, sebaran profesi, hingga status pembayaran retribusi penghuni. Targetnya tahun 2016 seluruh rusun di Jakarta harus sudah terintegrasi dengan sistem aplikasi ini,” imbuh Ahok.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments