Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedRumah Rp1 Miliar ke Bawah di DKI Bebas Pajak, Ini Syaratnya -...

Rumah Rp1 Miliar ke Bawah di DKI Bebas Pajak, Ini Syaratnya – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta secara resmi membebaskan pajak bumi bangunan pedesaan perkotaan (PBB-P2) dengan nilai jual obyek pajak (NJOP) maksimal Rp1 miliar. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) No. 259 Tahun 2015. Untuk mendapat pembebasan pajak  ini ada syaratnya, yaitu pemilik rumah tidak punya hutang pajak sebelum tahun 2015.

“Pergub ini berlaku untuk pembebasan pajak rumah, rumah susun, dan lainnya yang nilainya maksimal hingga Rp1 miliar dan dia tidak punya tunggakan pajak  sebelumnya. Aturan ini dikeluarkan untuk mempermudah masyarakat dengan memberikan pembebasan dengan nilai tertentu,” ujar Agus Bambang, Kepala Dinas Pelayanan Pajak Daerah DKI Jakarta, Rabu (31/8).

Anggrek Loka Residence

Aturan ini tidak berlaku untuk tanah kosong dan bangunan komersial. Pembayaran pajaknya sesuai dengan ketentuan yang sudah berlaku. Pemprov DKI membuka layanan online untuk melayani masyarakat yang akan melakukan mutasi dan meminta print out tunggakan pajaknya. Wajib pajak juga dapat menghubungi Kantor Unit Pelayanan Pajak Daerah (UPPD) di kecamatan.

Agus menyebutkan hingga Agustus 2016 penerimaan PBB-P2 di Jakarta sebesar Rp5,1 triliun (80,7 persen). Agus mengakui kepatuhan masyarakat untuk membayar pajak sudah semakin baik. Ia mengimbau masyarakat segera melunasi pokok pajaknya karena hari ini (31/8) jatuh tempo. Apabila terjadi kelambatan akan dikenakan denda bunga 2 persen setiap bulan.

“Untuk memudahkan masyarakat pembayaran PBB bisa dilakukan di 12 mitra, antara lain bank, kantor pos, ATM, dan e-banking. Pembayarannya mudah cukup dengan memasukkan nomor obyek pajak PBB-P2 sesuai tahun,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments