Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedRumah Mendiang Ibu John Lennon Terjual Rp3 Miliar - Housing-Estate.com - Portal...

Rumah Mendiang Ibu John Lennon Terjual Rp3 Miliar – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Dari detil desainnya, rumah semi detached ini terlihat jadul. Dinding eksteriornya berbalut adukan semen kasar, dinding dalamnya berlapis panel kayu dan lantainya dilapis karpet merah. Tapi saat dilelang pada awal April 2015, rumah dengan tiga kamar tidur ini ternyata terjual senilai 155.000 pounds atau Rp2,9 miliar.

Harga jual tersebut itu cukup mengejutkan, sebab harganya 40.000 pounds (Rp 773 juta) di atas harga pasaran di daerah tesebut. Pembeli yang berani membayar tinggi itu seorang wanita bernama Jackie Holmes dan dia adalah Beatlemania. Rumah yang beralamat di 1 Blomfield Rd, Liverpool, Inggris ini adalah rumah ibu vokalis the Beatles, John Lennon, hingga meninggal di tahun 1958.

ilustrasi

ilustrasi

Holmes memang Beatlemania sejati.  Setahun lalu Holmes juga membeli rumah masa kecil Geoge Harrison. Rumah kenangan gitaris the Beatles itu dibelinya seharga 156.000 pounds atau lebih dari Rp3 miliar. Kepada harian Liverpool Echo, Holmes akan menghuni salah satu rumah tersebut dan lainnya akan disewakan dan didekor dengan tema Beatles.

Beatlemania ada banyak di dunia. Dikabarkan, sekitar 18 bulan yang lalu seseorang yang dirahasiakan namanya membeli rumah masa kecil Paul McCartney seharga 154.000 pounds (Rp2,98 miliar). Orang ini juga dikabarkan membeli rumah masa kecil Lennon lain seharga 480.000 pounds atau lebih dari Rp9,2 miliar. Harga ini disebut-sebut menggelembung hingga 200 persen dibandingkan harga pasaran rata-rata di lokasi rumah itu berada.

Rumah di Blomfield Rd itu tidak pernah ditempati Lennon. Tapi lokasi rumah ini dekat dengan Penny Lane, salah satu jalan di daerah ini dan kemudian menjadi salah satu judul lagu the Beatles, sehingga tetap dinilai “bersejarah” oleh para Beatlemania. Lennon juga pernah berkunjung ke rumah ini, saat ibunya tertabrak mobil hingga meninggal. Sebaliknya, McCartney memang menghabiskan masa kecilnya di rumah yang terjual tahun lalu itu. Adapun rumah Harrison adalah tempat dirinya mulai nge-band, sebelum bergabung dengan the Beatles.

Rumah lain yang terkait dengan the Beatles adalah rumah di 20 Forthlin Rd dan 259 Menlove Ave. Jika rumah pertama adalah rumah lain milik McCartney, rumah kedua adalah rumah tempat Lennon tinggal dengan bibinya. Kini, rumah-rumah tersebut berada di tangan organisasi konservasi pemerintah Inggris, England’s National Trust. Lembaga itu membuka kedua rumah tersebut untuk wisata dan wisatawan harus membayar tiket, karena dinilai termasuk properti bersejarah.

(Sumber: Bloomberg)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments