Sunday, July 14, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedRumah Hadap Barat di Lahan Hoek - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Rumah Hadap Barat di Lahan Hoek – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Konsultasi

Housing-Estate.com, Jakarta – Saya mempunyai tanah seluas 377 m2 di hoek (jalan komplek lebar 8 m) dengan panjang ke belakang 20 m dan lebar 19 m. Rumah diperkirakan menghadap ke arah barat, saya ingin dibangun dua lantai di sebagian tanah saja. Kamar tidur utama dan ruangan keluarga di lantai satu, 1 kamar tidur utama lengkap dengan toilet dan ruang ganti pakaian seluas 5 x 5 m2 minimal, 1 kamar tidur untuk tamu, 2 kamar tidur anak dan toilet di luar, serta taman di depan dan bagian samping. Ada carport, teras depan dan samping serta garasi. Taman belakang berikut kolam ikan. Mohon bantuannya. Terima kasih.

Hendri Masri, Padang

Solusi Desain

Perspektif rumah tampak barat dengan jendela serong

Perspektif rumah tampak barat dengan jendela serong

Sesuai dengan keinginan Bapak dan keluarga, kami desainkan rumah dengan tampilan cukup sederhana dan fungsional. Warna dominan rumah yang putih memberi kesan terang dan bersih. Fasad bangunan pada dinding sebelah barat diberi detail finishing dari material bertekstur kayu agar bidang yang luas tidak terlihat polos. Pada tampak muka bagian bangunan di lantai atas terdapat lubanglubang yang dibuat dari bata rooster untuk mengalirkan cahaya dan udara ke dalam rumah. Pagar luar rumah juga didesain simpel berupa tembok polos diberi tekstur plesteran semen kamprot. Bagian pagar juga diberi aksen penghijauan dengan tanaman berjuntai ke bawah.

denah rumah

Lantai satu

Kami menempatkan carport untuk tiga mobil di sisi depan dan samping rumah. Di bagian samping terdapat pula akses masuk ke rumah melalui tempat parkir motor. Ruang tamu di area depan rumah diapit kamar tidur tamu dan kamar tidur utama. Lebih ke dalam adalah ruang keluarga dan ruang makan yang memiliki akses dan view ke taman samping yang dilengkapi kolam ikan. Area servis terletak di belakang dilengkapi dengan taman kecil yang dapat dimanfaatkan sebagai area jemur.

Lantai dua

Di lantai atas ini terdapat dua kamar tidur untuk anak dengan kamar mandi di luar dan sebuah ruang duduk yang berjendela lebar. Kamar tidur anak yang berada di sisi barat dibuatkan desain jendela menyerong, agar panas matahari sore terhalang dan tidak langsung masuk ke dalam. Namun, pencahayaan alami tetap bisa hadir.

Tips

Apabila ruangan menghadap barat, siasati posisi bukaan berupa jendela atau pintu di rumah agar tidak langsung menerima panas matahari sore yang kurang nyaman. Jendela bisa dibuat lebih kecil, diletakkan agak menyerong, menambahkan penutup berupa kisi-kisi atau krepyak. Teknologi pelapis kaca jendela yang mampu mereduksi panas namun tetap menembuskan cahaya juga bisa dipilih.

Posisi hunian menghadap barat kemungkinan terekspos intensitas panas yang tinggi, lebih baik menggunakan material kusen jendela dan pintu berbahan alumunium, agar lebih mudah dirawat dan tahan lama.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments