Monday, June 17, 2024
Google search engine
HomeUncategorized Proyek Konstruksi 2017 Rp175 Triliun - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

 Proyek Konstruksi 2017 Rp175 Triliun – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – BCI Asia Economist menyebutkan nilai proyek konstruksi di Indonesia tahun 2017 akan mencapai Rp424,2 triliun, naik 8,42 persen dari tahun ini. Nilai proyek konstruksi untuk bangunan yang mencakup residensial, kantor, komersial, ritel mencapai Rp175,1 triliun. Di Jabodetabek nilainya mencapai Rp155 triliun terbagi ke sektor sipil Rp83 triliun dan bangunan Rp75 triliun. Paling besar sektor residensial sekitar 53 persen, 24 persen komersial, 9 persen ritel, dan sisanya untuk edukasi, kesehatan, hotel, dan industrial.

Ilustrasi

Ilustrasi

Country Manager PT BCI Asia, Agus Dinar, mengatakan, tahun ini porsi untuk bangunan komersial  turun 9,2 persen karena penundanaan beberapa proyek. Tapi tahun depan diprediksi akan naik sebesar 10 persen. “Masih banyak investor yang menahan investasinya khususnya terkait dengan program tax amnesty,” ujarnya saat paparan economic outlook di Jakarta, akhir pekan lalu.

Pemerintah saat ini tengah menggenjot pembangunan infrastruktur di daerah-daerah tujuan wisata. Pembangunannya seharusnya tidak hanya difokuskan pada hotel tapi juga pengembangan rumah penduduk untuk disewakan. Dampaknya akan positif  untuk peningkatan peekonomian lokal.  Agus menyebutkan akibat melemahnya perekonomian global proyek infrastruktur cenderung tidak berkembang. Sementara pemainnya lebih banyak sehingga kue yang sama dibagi kepada lebih banyak pemain.

“Indonesia sebagai tujuan investasi ranking-nya memang naik dibandingkan Malaysia dan Singapura. Tapi ketidakpastian ekonomi global sangat berpengaruh terhadap prospek bisnis, pendapatan sama tapi pengeluaran meningkat karena inflasi. Problemnya, revenue harus naik tapi proyeknya flat,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments