Monday, June 17, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedProyek Kereta Bandara Ditawarkan ke Swasta - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Proyek Kereta Bandara Ditawarkan ke Swasta – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menawarkan sejumlah proyek transportasi strategis kepada pihak swasta untuk ikut mengembangkan sektor transportasi. Pengembangan sektor transportasi ini sangat erat kaitannya bahkan berdampak langsung pada bergairahnya bisnis properti. Pola partnership ini ditempuh pemerintah salah satunya karena terbatasnya anggaran pemerintah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

“Ini usulan untuk skema pendanaan alternatif selain APBN sehingga bisa mempercepat proses pembangunannya dan dampaknya bisa lebih luas khususnya untuk industri properti,” ujar Budi di Jakarta, Senin (21/11).

Beberapa proyek transportasi yang akan diserahkan ke swasta yaitu pengembangan Terminal Mengwi di Badung, Bali, Terminal Tirtonadi Solo, hingga pengembangan angkutan masal perkotaan. Di bidang perkereta-apian, Budi menawarkan kereta api (KA) Express Line Bandara Soekarno-Hatta, KA Akses Bandara Adi Sumarmo Solo, KA Kertapati-Simpang-Tanjung Api-api, dan high speed train (HST) Jakarta-Surabaya.

Untuk pengembangan transportasi laut, proyek yang ditawarkan yaitu Pelabuhan Kuala Tanjung, Karawang, dan Bali. Untuk transportasi udara juga ada 5 bandara yaitu di Samarinda Baru, Bandara Hananjoedin, Bandara Kalimarau, Bandara Radin Inten II, dan Bandara Juwata yang saat ini tengah proses dikerjasamakan dengan PT Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II.

“Rencana pengembangan transportasi kita hingga tahun 2019 membutuhkan anggaran sebesar Rp1.823 triliun sementara dana APBN hanya Rp491 triliun. Makanya ini kita tawarkan ke swasta khususnya dengan memaksimalkan peran perusahaan BUMN sehingga pengembangan transportasi ini bisa lebih cepat,” pungkasnya

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments