Tuesday, July 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPR Kemenpupera, Harus Bangun 550 Ribu Unit Rusunawa - Housing-Estate.com - Portal...

PR Kemenpupera, Harus Bangun 550 Ribu Unit Rusunawa – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) punya kewajiban membangun rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) sebanyak 550 ribu unit. Target tersebut sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) nasional  2015-2019 khusus bidang perumahan. Pembangunan rusunawa itu harus dilengkapi dengan sarana pendukung.

Rumah Susun (Rusun)

Ilustrasi

“Dalam RPJM itu juga harus dibangun rumah khusus 50 ribu unit, bantuan stimulan rumah swadaya 250 ribu unit, peningkatan kualitas perumahan 1,5 juta unit, bantuan FLPP 900 ribu unit, dan KPR swadaya 450 ribu unit,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenpupera, Taufik Widjojono, pada acara HUT Bank BTN ke-39 di Jakarta, Kamis (10/12).

Untuk memenuhi kebutuhan hunian layak huni bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pemerintah sejak April 2015 sudah menyusun konsep program sejuta rumah. Dalam program tersebut ditargetkan  dapat terbangun 603.516 rumah bagi MBR dan 396.484 unit non MBR.

Tahun 2016 komposisi program sejuta rumah akan diubah menjadi 700 ribu unit untuk kalangan MBR dan 300 ribu unit untuk non MBR plus dukungan pembiayaan yang lebih besar. Taufik menyebut pertumbuhan sektor properti khususnya program sejuta rumah berdampak positif terhadap penguatan perekonomian nasional. Ia menyatakan pemerintah sangat paham kondisi itu.

“Untuk meningkatkan kapasitas SDM aparatur pemerintahan di bidang perumahan kami memperkuat kerjasama dengan Bank BTN.  Kami akan melakukan pendidikan teknis dan pelatihan karena Bank BTN sudah sangat berpengalaman di bidang pembiayaan perumahan,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments