Friday, March 1, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPermukiman di Perkotaan Jadi Tantangan Global - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Permukiman di Perkotaan Jadi Tantangan Global – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Masalah permukiman di perkotaan menjadi tantangan masyarakat global. Isu ini menjadi perhatian bersama dalam rangka memperingati hari Habitat Dunia. Di Indonesia, menurut Sekretaris Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Rina Agustin, peringatan hari Habitat Dunia tahun ini mengusung tema ruang publik untuk semua.

Salah satu rumah susun (rusun) di Jakarta

Salah satu rumah susun (rusun) di Jakarta

“Untuk perayaan hari Habitat Dunia 2015 Menpupera Basuki Hadimuljono akan melakukan audiensi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Puncaknya nanti akan dilaksanakan di Bali pada 9 Oktober 2015 untuk mengajak seluruh pihak membahas kondisi pemukiman dan perkotaan di seluruh dunia,” ujarnya kepada pers di Jakarta, Kamis (1/10).

Tema ini dipilih karena ruang publik perkotaan diperlukan untuk menunjang aktifitas warga dan keberlanjutan lingkungan pemukiman di perkotaan. Hari Habitat Dunia jatuh setiap hari Senin pada pekan pertama bulan Oktober. Penetapan ini dilakukan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1986.

Hari Habitat Dunia diadakan sebagai bentuk kepedulian terhadap pemenuhan kebutuhan perumahan bagi seluruh lapisan masyarakat. Selain itu untuk meningkatkan kesadaran para pemangku kepentingan terhadap tanggung jawab masa depan pemukiman khususnya di perkotaan di seluruh dunia.

Seluruh negara diminta merayakan hari Habitat Dunia agar mereka semakin menyadari tantangan besar dalam memperbaiki kondisi permukiman. Untuk tahun ini diperkirakan 240 negara ikut merayakan. Di Indonesia perayaan hari Habitat Dunia akan diselenggarakaan salah satunya pada Asia Pacific Urban Forum Youth, Asia Pacific Urban Forum, dan Konferensi Tingkat Menteri. Acara puncak hari Habitat Dunia akan diselenggarakan di Quito, Ekuador, sekaligus penyelenggaraan konferensi tingkat tinggi global PBB.

“Ajang ini akan menguatkan kembali kemitraan strategis para pemimpin dalam pembahasan agenda pembangunan kota berkelanjutan. Indonesia terpilih sebagai anggota biro panitia persiapan untuk ajang global, kita juga akan menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi wilayah Asia Pasifik,” katanya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments