Saturday, July 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPercepat Pembangunan Rumah Murah, Mendagri Akan Kumpulkan Seluruh Gubernur

Percepat Pembangunan Rumah Murah, Mendagri Akan Kumpulkan Seluruh Gubernur

Housing-Estate.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan akan mendorong daerah-daerah untuk mempercepat pembangunan sejuta rumah. Selain mempermudah regulasi, Tjahjo juga akan mendorong daerah untuk memaksimalkan aset lahan miliknya untuk dibangun rumah murah.

Mendagri Tjahjo Kumolo

Mendagri Tjahjo Kumolo

Goal-nya pegawai negeri sipil (PNS) harus punya rumah dengan program yang sudah dicanangkan pemerintah. Ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) supaya ada ketenangan bagi para PNS dalam bekerja melayani masyarakat,” ujarnya saat penandatanganan kesepakatan bersama Bank BTN dan Realestate Indonesia (REI) di Kantor Kemendagri, Jakarta, Selasa (9/6).

Terkait dengan percepatan pembangunan rumah murah ini dalam satu minggu ke depan Mendagri akan mengumpulkan para gubernur se-Indonesia secara bertahap. Pertemuan tersebut akan ditindaklanjuti dengan pertemuan teknis pihak-pihak terkait yang akan dilakukan secara rutin.

Selain soal perumahan Mendagri juga punya pekerjaan rumah membereskan utang Pemda yang cukup besar kepada PDAM dan PLN. Saat  ini 50 persen Pemda punya utang kepada PDAM  senilai Rp47 triliun. Ia berjanji akan membayar utang tersebut. “DKI Jakarta yang PAD-nya besar punya tunggakan PDAM hampir Rp1 triliun, hal-hal seperti ini nanti pemerintah pusat akan selesaikan selama daerah juga mau mempercepat program sejuta rumah. Pembayaran utangnya tentu dengan skala prioritas,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments