Tuesday, July 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPengembang Rumah Sederhana Tuntut Kemudahan Perizinan - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Pengembang Rumah Sederhana Tuntut Kemudahan Perizinan – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Para pengusaha di bidang properti khususnya pengembang rumah sederhana terus menyuarakan masalah klasik yang dihadapi dalam pembangunan perumahan. Ada tiga masalah pokok yang dihadapi, yaitu ketersediaan lahan, pembiayaan, dan perizinan. Dari ketiga hal itu menurut kalangan pengembang yang paling menghambat adalah soal perizinan.

Sejuta Rumah

Ilustrasi

“Soal tanah, pembiayaan, dan konsumen bagi kami bukan terlalu jadi masalah. Kendala terbesar yang kami rasakan untuk menjalankan program sejuta rumah adalah soal perizinan di daerah. Kami mohon pemerintah pusat sebagai inisiator program ini bisa memberikan solusi sehingga program dirasakan manfaatnya oleh rakyat,” ujar M. Aris Suwirya, Ketua Asosiasi Pengembang Rumah Sederhana Sehat Nasional (Apernas) pada Munas Apernas di Semarang, pekan ini.

Selain soal kemudahan perizinan di daerah Apernas berharap pemerintah pusat meningkatkan koordinasi dengan kementerian terkait. Paling penting dukungan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN). Kementrian ini diharapkan mempercepat sertipikasi lahan yang hendak dibangun pengembang.  “Selama ini kita sering terkendala di lamanya perubahan sertipikat dari hak milik menjadi sertifikat hak guna bangunan (HGB). Makanya kami berharap Kementerian ATR/BPN memberikan kekhususan untuk pengurusan sertipikat karena ini untuk mempercepat proyek sejuta rumah,” imbuhnya.

Aris menyebutkan anggota Apernas sudah memulai pembangunan 5.400 unit rumah bersubsidi di delapan lokasi. Apernas menyatakan kesiapannya mendukung program sejuta rumah karena seluruh anggotanya adalah pengembang rumah sederhana.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments