Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPengembang Kurang Manfaatkan Fasilitas PSU - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Pengembang Kurang Manfaatkan Fasilitas PSU – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah menyediakan subsidi untuk prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) untuk pengembang yang membangun rumah bersubsidi. Fasilitas PSU rata-rata nilainya sekitar Rp6,2 juta per unit rumah sehingga bila pengembang mendapatkan bantuan PSU ini harga rumah yang dijual untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) bisa lebih terjangkau. Namun pengembang yang memanfaatkan fasilitas ini sangat sedikit.

pembangunan rumah

Ilustrasi

“Tahun 2015 ini kita memiliki anggaran PSU untuk 40 ribu unit rumah tapi yang digunakan kurang dari 20 ribu unit,” ujar Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Syarif Burhanuddin, dalam  acara rapat kerja nasional (Rakernas) Realestat Indonesia (REI) di Jakarta, Kamis (3/12).

Syarif  menyebutkan dari  fasilitas senilai Rp6,2 juta itu realisasinya hanya dimanfaatkan sekitar Rp4 juta per unit. Karena itu anggaran PSU tahun ini tersisa cukup banyak. Seharusnya anggaran ini dimanfaatkan secara maksimal oleh pengembang karena akan mengurangi harga jual. Tahun depan anggaran PSU lebih besar lagi karena sudah dianggarkan dua kali lipat dari tahun ini sebanyak 80 ribu unit rumah.

“Ini fasilitas dan kemudahan untuk pengembang, jadi silakan dimanfaatkan dengan maksimal. Tapi harus diingat, filosofi PSU ini supaya harga rumah bisa ditekan, soalnya ada juga yang menggunakan fasilitas PSU tapi harga rumahnya nggak berkurang,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments