Saturday, July 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPengembang Indonesia Berkesempatan Menjadi Pemain Global - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Pengembang Indonesia Berkesempatan Menjadi Pemain Global – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Iwan Sunito, orang Indonesia kelahiran Surabaya yang menjadi developer di Australia dengan mendirikan Crown Group, menyebut pengembang Indonesia memiliki banyak potensi untuk bisa berkiprah di luar negeri. Hanya saja menurut pria kelahiran tahun 1966 ini, pengembang Indonesia seperti memiliki hambatan (barrier) untuk berkiprah di luar negeri.

“Dianggapnya tidak paham pasar luar negeri, risiko besar, selain ngapain berkiprah di luar negeri sementara pasar lokal saja sudah sangat besar. Padahal ini bukan hanya soal mengembangkan proyek, tapi juga branding dan mencapai kapasitas yang lebih tinggi lagi,” ujarnya di  acara Indonesia Property & Bank Award 2015, di Jakarta, Kamis (21/5).

Iwan Sunito

Iwan Sunito

Bahkan Iwan meyakini potensi para pengembang di Indonesia jauh lebih besar lagi dibandingkan dengan pengembang dari luar negeri. Di luar negeri menggarap proyek seluas 50 ribu m2 saja sudah dianggap proyek besar sementara di Indonesia proyek yang digarap bisa mencapai 1 juta m2.

Karena itu Iwan yakin, pada satu dekade (10 tahun) yang akan datang, adalah dekadenya para pengembang Indonesia untuk lebih berkiprah dan menjadi global player. Seluruh indikasi maupun potensi untuk menjadi global player sangat luas dan sangat memungkinkan. Bahkan sebuah lembaga internasional memperkirakan Indonesia akan menjadi empat besar negara dengan purchasing power terbesar.

“Sekarang saja orang super kaya di Indonesia jumlahnya ada 32 orang, itu lebih tinggi dari jumlah orang super kaya di Jepang. Itu yang lapor, kalau dijumlah dengan yang tidak lapor jumlahnya pasti lebih banyak,” candanya.

Belum lagi angka ekspor kita ke Jepang yang mencapai 27 miliar dollar Amerika, bandingkan dengan ekspor Jerman ke Jepang yang hanya 23 miliar dollar Amerika. Indikasi-indikasi seperti ini disebut Iwan, developer kecil sekalipun di Indonesia sangat berpotensi untuk menjadi pemain global.

Iwan juga menyarankan para pengembang di Indonesia agar mengikuti pengembang luar yang masuk ke sini dengan menggandeng perusahaan developer lokal. Hal ini bisa ditiru pengembang Indonesia dengan membuat joint venture dengan developer lokal di luar negeri yang lebih memahami kondisi pasar dan juga pastinya harus yang kredibel.

“Kita tiru mereka yang sudah masuk sini. Jangan ragu untuk merambah negara maju, saya jamin akan lebih mudah. Di sana pemerintahnya lebih transparan, perizinan lebih jelas, yang nakal-nakalnya nggak banyak. Kita di sini aturan nggak jelas aja bisa maju, apa lagi di luar negeri, kita pasti lebih jago. Banyak negara yang kelihatannya maju padahal ekonominya lemah, percayalah, kita itu lebih kuat, tapi ada barrier itu tadi yang bikin kita takut untuk keluar,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments