Saturday, July 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedPasar Properti Akan Pulih 2 -3 Tahun Mendatang - Housing-Estate.com - Portal...

Pasar Properti Akan Pulih 2 -3 Tahun Mendatang – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Kondisi naik turun atau siklus dalam bisnis properti merupakan hal biasa dan lumrah. Suatu saat bergerak ke bawah, beberapa saat kemudian naik lagi ke puncak. Menurut President Director  PT Metropolitan Land Tbk,  Nanda Widya,  Indonesia sudah mengalami tiga periode siklus perlambatan property. Yaitu pada waktu krisis monoter tahun 1998, tahun 2008, dan sekarang tahun 2014 – 2015.

Nanda Widya, Presiden Direktur Metland

Nanda Widya, Presiden Direktur Metland

Melemahnya sektor properti satu tahun belakangan ini belum seberapa dibanding kondisi tahun 1998. Saat itu bisnis properti hancur dan pengembang banyak yang bangkrut. Sedangkan sekarang pengembang masih dapat berjualan kendati mengalami penurunan. Penjualan rumah tipe kecil juga masih bagus.

“Ini karena terkait dengan buying power, kami yakin 2-3 tahun ke depan industri properti akan kembali pulih, makanya kita tetap meluncurkan proyek apalagi penurunan permintaan saat ini mayoritas untuk segmen middle up,” ujar Nanda di sela-sela acara penandatanganan MOU Metland dengan Acendas Group di Jakarta, Rabu (20/5). Acendas Group adalah investor asal Singapura yang digandeng Medland untuk mengembangkan proyek Metland Cyber City, mixed use development seluas 9,7 ha di Cipondoh, Tangerang, Banten.

PT Metropolitan Land Tbk (Metland) adalah pengembang yang sudah berpengalaman 30 tahun dan mengembangkan sejumlah perumahan menengah di Jabodetabek. Ia juga punya mal, hotel, dan membangun gedung perkantoran. Nanda mengaku perusahaannya tidak terlalu terpengaruh penuruhan bisnis properti karena produk yang ditawarkan mayoritas membidik segmen menengah dan sebagian menengah agak ke bawah.

Menurut Nanda, dalam kondisi bisnis properti lemah pengembang tidak boleh berdiam diri. Pengembang harus segera memulai pembangunan proyek agar nanti saat kondisinya membaik proyeknya sudah siap. “Kita harapkan tahun 2016 dengan sokongan regulasi pemerintah, sektor properti akan kembali melesat,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments