Sunday, June 23, 2024
Google search engine
HomeUncategorized Pasar Perumahan di NTT Sangat Besar - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

 Pasar Perumahan di NTT Sangat Besar – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Perkembangan properti khususnya segmen rumah bersubsidi di Nusa Tenggara Timur (NTT) sangat bergairah. Menurut Ketua Dewan Pengurus Daerah Realestat Indonesia (DPD REI) Bobby T. Pitoby, pasar rumah murah di NTT juga sangat besar.

Ilustrasi pembangunan rumah murah

Ilustrasi pembangunan rumah murah

“Di NTT masih ada backlog rumah sebesar 123 ribu rumah, ada 21 kabupaten dan 1 kota, tapi selama ini pengembangan perumahan masih terkonsentrasi di kota dan Kabupaten Kupang. Jadi sekarang kebanyakan masyarakat pekerja itu kost Rp700 ribuan/bulan, makanya mereka sangat antusias dengan program KPR FLPP bersubsidi,” ujarnya kepada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (2/12).

Harga patokan rumah bersubsidi di NTT sebesar Rp133,5 juta dan tahun 2017 akan naik menjadi Rp141 juta. Dengan KPR FLPP cicilannya bisa di bawah Rp800 ribu/bulan dan kemudahan lainnya seperti uang muka hanya Rp1,5 juta dan pembebasan PPN. Hanya saja pengembangan perumahan ini 80 persen masih terkonsentrasi di kabupaten dan Kota Kupang selain sosialisasi program rumah murah ini masih sangat kurang.

Untuk itu, Bobby telah membentuk beberapa konsorsium untuk menggarap proyek properti di seluruh kabupaten dan kota. Dengan begitu ada beberapa perusahaan pengembang yang menggarap setiap kawasan kabupaten sehingga diharapkan nanti 2-3 tahun yang akan datang penyebaran proyek perumahan lebih merata dan masyarkat juga dimudahkan selain akan lebih banyak pilihan.

“Saat ini kita sudah masuk ke Belu, Rote, Sika, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, dan Ende yang sudah mulai juga pembangunannya. Bukan hanya masyarakat, developer lokal juga masih banyak yang belum tahu program rumah murah pemerintah. Makanya dengan dibentuk konsorsium ini kita berharap seperti korek api, kita buat pemantiknya dan nanti akan tersulut dan berkembang,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments