Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedOrang Terkaya Tiongkok Beli Rumah Senilai Rp1,63 Triliun

Orang Terkaya Tiongkok Beli Rumah Senilai Rp1,63 Triliun

Housing-Estate.com, Jakarta – Siapa pun ingin masuk dalam jajaran pesohor kelas dunia. Termasuk Wang Jianlin, konglomerat properti asal Tiongkok, chairman Dalian Wanda, perusahaan pengembang paling ternama di Negeri Panda. Untuk semakin menunjukkan “kekayaannya”, baru-baru ini Wang membeli sebuah rumah mewah di London senilai 80 juta pound, atau senilai  Rp 1,63 triliun. Atas pembelian rumah ini, Wang harus membayar pajak sebesar 9,513,750 pound atau lebih dari Rp193 miliar.

mansion-wangjianlin-1

Harga sebesar itu munkin senilai recehan bagi Wang, tapi tidak dengan lokasinya. Maklum, rumah baru Wang ini beralamat di 15A Kensington Palace Gardens, sebuah kawasan paling elit seantero Inggris Raya. Bertetangga dengan pesohor macam pemilik  Chelsea Football Club Roman Abramovich, Lakshmi Mittal, pengusaha baja dan istana Kensington, rumah Duke and Duchess of Cambridge.

Sebelum dibeli Wang, rumah ini pernah dihuni oleh pebisnis sukses kelahiran Ukraina, Leonid Blavatnik, pemilik Access Industries. Menurut catatan dewan kota, rumah ini pertama kali dipasarkan di tahun 1856 kepada pebisnis asal Kensington, Peter Carthew seharga 7 ribu pound. Kemudian menjadi tempat tinggal Komisaris Tinggi Nigeria pada era 1960 -1970an.

mansion-wangjianlin-3

Rumah setinggi lima lantai itu mempunyai luas 1.850 m2, memiliki 10 kamar, delapan kamar mandi plus sebuah kolam renang dalam ruang. Sebelum menempati, disebut-sebut Wang rela menghamburkan uang sebanyak 50 juta pound atau lebih dari Rp 1 triliun untuk lebih mempercantik rumah bergaya Victoria ini.

Untuk Wang, ini bukan properti pertamanya di London. Tapi lainnya itu adalah sebagai bagian dari pengembangan bisnisnya, yang antara lain proyek One Nine Elms senilai 700 juta pound (Rp 14,3 triliun). Wang sendri, menurut Forbes, mempunyai kekayaan senilai 30 miliar dolar AS  atau Rp 410,55 triliun.

Sumber: South China Morning Post & Dailymail

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments