Monday, June 17, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedKomite Tapera Terbentuk - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No. 1 di...

Komite Tapera Terbentuk – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono memastikan Komite Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) telah terbentuk dengan keluarnya surat keputusan (SK). Tapera merupakan amanat UU No. 1 Tahun 2011 tentang perumahan dan kawasan permukiman (PKP), selain UU No. 24 Tahun 2016 tentang Tapera yang disahkan awal tahun ini.

komite-tapera-terbentuk-basuki-hadimuljono

“Sudah ada SK-nya untuk Komite Tapera ini dari kalangan Kemenpupera, Kementerian Keuangan, Kementerian Tenaga Kerja, Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan dari unsur profesional,” ujar Basuki kepada pers di Kantor Kemenpupara Jakarta, Selasa (13/12).

Salah satu nama yang menjadi anggota Komite adalah Sonny Loho dari Kementerian Keuangan. Komite Tapera punya wewenang merumuskan kebijakan umum dan strategis dalam pengelolaan Tapera.  Dengan tebentuknya Komite Tapera ini selanjutnya akan dibentuk komisioner, deputi komisioner, hingga pembentukan badan pengelolaan (BP).

Targetnya selama enam bulan seluruh alat kelengkapan Tapera bisa terbentuk. Dirjen Pembiayaan Perumahan Kemenpupera, Maurin Sitorus, selanjutnya akan berkonsentrasi untuk pembentukan BP. Basuki menyebutkan Komite Tapera nantinya akan mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian komisioner dan deputi komisioner kepada presiden. Komite juga akan melaksanakan tugas pembinaan dan pengelolaan Tapera, merumuskan ketentuan gaji dan fasilitas. BP Tapera akan dipimpin 1 komisioner dan dibantu paling banyak 4 deputi komisioner.

Tapera bertujuan untuk menghimpun dan menyediakan dana murah jangka panjang berkelanjutan yang dihimpun dari pekerja dan perusahaan. Tersedianya dana jangka panjang ini membuat program pembangunan perumahan yang terjangkau bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) lebih terjamin.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments