Wednesday, July 17, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedJK Minta Bunga KPR Rumah Bersubsidi Diturunkan Jadi 5%

JK Minta Bunga KPR Rumah Bersubsidi Diturunkan Jadi 5%

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menginstruksikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) untuk menurunkan suku bunga rumah bersubsidi dari 7,25 persen menjadi 5 persen. Suku bunga ini bisa didapatkan konsumen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sehingga mendapatkan bunga tetap sampai lunas.

Wakil Presiden, Jusuf Kalla

Wakil Presiden, Jusuf Kalla

Hal ini diungkapkan oleh Menpupera Basuki Hadimuljono saat rapat terbatas di kantor Wapres. “Asumsinya kalau bunga 7,25 persen cicilannya sekitar Rp800 ribuan, kalau diturunkan jadi 5 persen cicilannya jadi Rp600 ribu-Rp700 ribu sehingga bisa lebih terjangkau kalangan MBR,” ujar Basuki usai bertemu dengan Wapres, di Jakarta, Selasa (20/1).

Untuk menurunkan bunga rumah murah ini Kemenpupera akan menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan bank pelat merah, seperti BTN, BNI, Mandiri, BRI. Ia juga akan terus berkoordinasi dengan staf wapres. Semua data mengenai hal ini akan dibawa ke sidang kabinet terbatas untuk diputuskan oleh presiden.

“Anggaran untuk sektor perumahan kan sudah turun, ada sekitar Rp18,9 triliun, ini masih kurang sekitar Rp40 miliar untuk memenuhi pembangunan 603 ribu rumah murah. Nanti yang 250 ribu kerjasama dengan pengembang sehingga target pembangunan sejuta rumah di tahun ini bisa tercapai. Jadi semestinya penurunan bunga ini sangat dimungkinkan,” tandasnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments