Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedJalan Tol Ini Punya Terowongan Sepanjang 650 Meter - Housing-Estate.com - Portal...

Jalan Tol Ini Punya Terowongan Sepanjang 650 Meter – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Jalan tol Cileunyi – Sumedang – Dawuhan (Cisamdawu) akan menjadi jalan tol pertama di Indonesia yang punya terowongan cukup panjang. Terowongannya sepanjang 650 meter menembus Bukit Cilengser di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. “Konstruksinya akan dimulai pada Maret 2016 dan rencananya akan ditembus 60-80 cm per hari sehingga pengerjaan terowongan tol ini (membutuhkan waktu) sekitar 28 bulan,” ujar  Dirjen Bina Marga Kemenpupera Hediyanto W. Husaini, kepada housing-estate.com saat meninjau lokasi bukit yang akan ditembus terowongan, Jumat (18/12).

Bukit Cilengser yang akan ditembus jalan tol Cisamdawu

Bukit Cilengser yang akan ditembus jalan tol Cisamdawu

Jalan tol Cisamdawu yang satu ujungnya akan terkoneksi dengan jalan tol Cikampek – Palimanan membentang sepanjang 61 km. Pembangunan terowongan akan memakan anggaran sebesar Rp800 miliar. Kendati biaya pengerjaannya mahal bagian atas bukit masih dapat dimanfaatkan untuk budidaya pertanian. Desain jalan tol juga lebih baik dan aman karena tidak berkelok-kelok.

“Selain terowongannya terpanjang, jalan tol Cisumdawu juga akan memiliki jembatan cukup panjang mencapai 350 meter. Kalau jalan tol ini jadi akan meningkatkan kapasitas jalan yang menghubungkan Jakarta ke Bandung, Cirebon, hingga ruas jalan tol Cipali (Cikopo-Palimanan),” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments