Friday, July 19, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedJakarta Akan Disokong 10 Tol Lingkar Dalam dan Luar - Housing-Estate.com -...

Jakarta Akan Disokong 10 Tol Lingkar Dalam dan Luar – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Untuk menciptakan interkoneksi lebih baik Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek) akan dihubungkan dengan jalan tol baru yang lebih komplit. Untuk itu akan dibangun enam jalan tol lingkar dalam dan empat tol lingkar luar melengkapi akses yang saat ini sudah ada.

Ilustrasi

Ilustrasi

Jalan tol lingkar dalam akan menghubungkan Tanah Abang-Kampung Melayu-Matraman-Kemayoran-Roxy. Jalur ini akan didukung akses radial  ke Daan Mogot yang menyambung ke Pasar Minggu dan Serpong. “Untuk lingkar luar aksesnya dari Bandara Soekarno Hatta-Serpong, Serpong-Depok, Depok-Jagorawi, dan Cibitung-Cilincing,” ujar Hermanto Dardak, Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), pada acara buka puasa bersama media, di Jakarta, Senin (13/6).

Ruas tol lingkar dalam panjangnya mencapai 75 km. Pengembangannya untuk mendukung konsep transit oriented development (TOD) sehingga aksesnya akan terhubung dengan halte, stasiun, dan depo MRT-LRT yang saat ini tengah dibangun. Pengembangan ini untuk mendukung gerakan kembali ke kota (back to the city) agar masyarakat bisa tinggal dekat dengan tempat kerjanya.

Untuk mewujudkan back to the city pemerintah memulai dengan mengembangkan kota publik baru di Kemayoran, yaitu di blok C2 dan D10.  Sebelum digunakan publik rumah susun tersebut akan digunakan sementara untuk wisma atlet peserta Asian Games 2018. Pengembangan hunian vertikal menjadi pilihan agar pemanfaatan lahannya efisien, banyak ruang terbuka hijau, dan mobilitas penghuni menggunakan transportasi umum kota.

“Jadi pengembangan infrastruktur ini dalam konteks global city yang saling terhubung sehingga bisa memaksimalkan potensi perkotaan. Hal ini perlu dilakukan karena penggerak ekonomi nasional dan dunia itu perkotaan, 70 persen perekonomian Indonesia ada di perkotaan bahkan 80 persen ekonomi dunia itu juga perkotaan,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments