Friday, March 1, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedIni Pentingnya Sistem Plumbing Di Rumah

Ini Pentingnya Sistem Plumbing Di Rumah

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Produk pipa (plumbing) tidak bisa dianggap sebelah mata pada sebuah bangunan. Plumbing berfungsi untuk menyalurkan air bersih ke dalam rumah sekaligus menyalurkan air kotor/limbah rumah tangga keluar dari rumah. Untuk itu, produk plumbing perlu terstandarisasi baik dari sisi fungsi, keselamatan, maupun konstruksi.

Menurut Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman (Puslitbangkim) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Anita Firmanti, untuk mendukung keandalan bangunan diperlukan sistem plumbing yang terintegerasi. “Sistem ini meliputi penyediaan air bersih, pembuangan air limbah, dan penyaluran air hujan sehingga bangunan gedung dapat berfungsi dengan baik,” ujarnya kepada housing-estate.com di acara World Plumbing Day di Jakarta, Rabu (18/3).

Ilustrasi : Plumbing System

Ilustrasi : Plumbing System

Dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan MOU antara Badan Standarisasi Nasional (BSN) dengan International Association of Plumbing and Mechanical Official (IAPMO), sekaligus peluncuran SNI sistem plumbing dalam konstruksi bangunan. SNI ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem plumbing yang baik dan memenuhi standar keselamatan dalam konstruksi bangunan.

UU No. 28 Tahun 2002 mengenai Bangunan Gedung telah mengamanatkan, setiap bangunan gedung harus memenuhi persyaratan keandalan yang meliputi keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kemudahan. Sistem plumbing pada bangunan gedung sendiri sangat tergantung dengan tiga faktor yaitu regulasi, sumber daya manusia, dan industri.

“Faktanya, kebutuhan akan penggunaan energi dan air pada bangunan gedung semakin meningkat sehingga bila tidak diperlakukan secara bijaksana akan merusak lingkungan. Ditambah, saat ini banyak dijumpai peralatan saniter produk luar negeri yang dijual di sini tanpa memenuhi standar SNI dan tidak memerhatikan efisiensi penggunaan energi dan air,” imbuh Anita.

Karena itu di hari World Plumbing Day menjadi sangat tepat diluncurkannya SNI sistem plumbing untuk menjamin produk plumbing yang digunakan di Indonesia. Dengan adanya SNI plumbing ini bisa lebih menjamin aspek keselamatan, kesehatan, dan kenyamanan yang pada ujungnya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments