Tuesday, July 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedIndustrial Estate Mencatat Tren Positif - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Industrial Estate Mencatat Tren Positif – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Seperti pernah diberitakan sebelumnya dalam jangka pendek ini pertumbuhan industri properti akan didorong dari sektor ritel. Ini akan bergulir dan merangsang sektor properti lainnya. Hal ini terbukti dengan tren positif  pada permintaan lahan industri pada periode Januari-Maret 2016.

cikande

Menurut Presiden Direktur PT Modern Industrial Estat (anak perusahaan Modernland Realty Tbk) Tonny Hadhiwaluyo, hingga kuartal pertama 2016 ini pihaknya telah berhasil menjual lahan pabrik seluas 55 ribu m2. “Lahan seluas ini dibeli oleh salah satu perusahaan manufaktur. Dengan tren yang cukup baik ini kami berani menargetkan pendapatan dari sektor ini sebesar Rp1,2 triliun pada tahun ini,” ujarnya dalam publikasi resmi yang diterbitkan Senin (13/6).

Pencapaian ini membuat pihak pengembang lebih optimistis kalau sektor ini akan mencatatkan hasil lebih baik dibandingkan tahun lalu. Menurut catatan perusahaan riset, konsultan, dan manajemen properti Collier International Indonesia, kawasan industri milik Modernland yaitu Modern Cikande Industrial Estate (MCIE)  juga merupakan kawasan dengan penjualan lahan industri terbesar di Jabodetabek sepanjang kuartal pertama tahun ini.

Hal ini, lanjut Tonny, merupakan indikator membaiknya perekonomian selain banyaknya investasi asing yang terus masuk ke Indonesia. Untuk itu, ada beberapa strategi yang diterapkan untuk kian meningkatkan pertumbuhan penjualan lahan industri ini. Salah satunya adalah meningkatkan infratsruktur dan menambah fasilitas di kawasan selain varian produk yang juga terus ditambah sesuai dengan kebutuhan user.

Selain itu networking dengan asosiasi-asosiasi industri dan pemerintah dari dalam dan luar negeri juga akan diperluas. Termasuk aktif menghadiri forum bisnis, hingga menjalin kerja sama dengan agen properti. MCIE juga mendapatkan fasilitas Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KLIK) dari BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal). Dengan fasilitas KLIK para investor dapat langsung membangun pabrik sambil menunggu keluarnya IMB.

“Tentu ada juga faktor penghambatnya, misalnya keterbatasan lahan selain kendala pembebasan lahan. Daya beli masyarakat secara umum masih lemah sebagai dampak lesunya perekonomian. Tapi dengan pengembangan infratstruktur yang dilakukan pemerintah kami optimistis lokasi ini masih akan bertumbuh,” pungkasnya.

Area MCIE seluas 3.175 ha sudah dikembangkan 1.200 ha. Perusahaan yang beroperasi lebih dari 200 baik lokal maupun asing. Saat ini tengah dikembangkan Hotel Swiss Bell yang dibangun 10 lantai dengan fasilitas bintang tiga. Lokasi MCIE di Cikande, Serang, Banten, sekitar 68 km dari Jakarta dan 75 km dari Pelabuhan Tanjung Priok. Aksesnya melalui jalan tol Jakarta-Merak dengan akses yang sangat dekat ke tiga pelabuhan besar di Ciwandan, Cigading, dan Merak Mas. Nantinya akan ada lagi pintu tol Cikande yang akan dibuka akhir tahun ini dan jaraknya hanya 1,5 km dari kawasan.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments