Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedHDB Singapura Luncurkan Produk Smart Home - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

HDB Singapura Luncurkan Produk Smart Home – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Fitur smart home bukan hal baru di Singapura. Beberapa proyek apartemennya sudah memperkenalkan produk ini sejak beberapa tahun lalu. Namun itu diterapkan di proyek yang dibangun pengembang swasta. Sekarang fitur itu sekarang diterapkan di apartemen yang dibangun Housing Development Board of Singapore (HDB), semacam Perumnas di Indonesia.

northshore-residences-punggol-singapura

Proyek ini berlabel Northshore Residence I dan II di Distrik Northshore, Punggol. Lokasinya dekat dengan stasiun LRT Samudera. Terdiri atas 12 blok yang merangkum 1.402 unit, kedua proyek ini menawarkan empat tipe, 2 – 5BR, berukuran mulai dari 36 m2. Dipasarkan seharga mulai dari 28.000 hingga 345.000 dollar AS atau serentang Rp274 juta – 3,4 miliar. Tipe terkecil hanya bisa dimiliki oleh mereka yang sebagai pembeli rumah pertama. Sementara tipe lainnya yang dijual dengan harga mulai dari 132.000 dollar AS (Rp1,3 miliar) boleh dibeli oleh mereka yang sudah punya apartemen tapi ingin pindah ke tipe lebih besar. Proyek ini direncanakan selesai tahun 2020.

Setiap unit nanti akan disambungkan dengan infrastruktur seperti untuk sumber energi tambahan dan data points yang mendukung instalasi teknologi smart home. Dengan demikian penghuni dapat memonitor penggunaan energi, sesuai standar Home Energy Management System dari HDB. Selain juga untuk memonitor kondisi keamanan dalam rumah.

Infrastruktur berteknologi pintar itu juga akan diterapkan pada kawasannya dan ini juga baru pertama kali diterapkan pada proyek lansiran HDB. Konsepnya, smart planning and smart living. Untuk perancangan lingkungan, desainer merancangnya dengan mempertimbangkan banyak aspek, seperti suhu rata-rata, pergerakan angin, kadar terik matahari. Dengan demikian peletakan fitur atau fasilitas terutama di luar ruang, akan sesuai dan pemanfaatan ruang menjadi optimal. Penerangan lingkungan akan menggunakan lampu hemat energi bersumber sel matahari.

Untuk menghemat energi, di beberapa sudut ruang akan dipasang monitor sensor gerak dan suhu ruang. Sensor ini yang akan “mengatur” tingkat terang lampu dan kecepatan putaran fan di dalam ruang, Pada ruang yang tidak terlalu banyak orang, kadar cahaya lampu akan dikurangi 30 persen yang berpotensi menghemat listrik sampai 40 persen.  Sistem monitor pun akan dipasang di ruang parkir, sehingga ketersediaan area parkir baik untuk penghuni dan tamu lebih terjamin.

Pengolahan sampahnya akan berteknologi pneumatic. Yaitu sistem pemisahan dan pemilahan sampah yang menggunakan sistem sedot dari tempat sampah ke tempat pengolahan. Sistem Centralised Chutes for Recyclables ini sendiri sudah diterapkan di semua proyek residensial yang dibangun HDB sejak tahun lalu dan akan menjadi standar fitur hijau untuk proyek perumahan.

Proyek ini juga akan menerapkan sistem irigasi pintar untuk ruang hijaunya. Di mana nanti akan ada sistem yang bisa memonitor kondisi kelembaban tanah, curah hujan dan  cahaya matahari, sehingga jumlah air yang dibutuhkan dan jadwal penyiraman akan lebih efisien.

(Sumber: Straits Times dan Channel News Asia)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments