Friday, March 1, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedGreen Office Building Mulai Ngetren

Green Office Building Mulai Ngetren

Housing-Estate.com, Jakarta – Pengembangan gedung perkantoran dengan konsep ramah lingkungan (green office building) mulai mendapat tempat di kalangan pengembang. Salah satunya perkantoran Gran Rubina Business Park (GRBP) di Kawasan Rasuna Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan. Perkantoran tiga menara yang dikembangkan PT Triyasa Propertindo (Grup Tiara Marga Trakindo) itu disiapkan menjadi icon green office building.

Gran Rubina Business Park

Gran Rubina Business Park

Desain GRBP memanfaatkan energi sumber daya alam secara maksimal. Salah satu penerapannya adalah orientasi gedung menyesuaikan dengan arah matahari, penambahan sirip (fin) pada fasad gedung untuk menahan panas matahari, dan penerapan teknologi siphonic yang memanfaatkan air hujan sebagai sumber air utama selain dari PDAM. Selain itu air limbah akan diolah untuk menyiram tanaman.

Menurut Direktur Triyasa Propertindo (TP), Budi Lesmana, dari tiga menara yang hendak dibangun di atas lahan seluas 3,4 ha dua diantaranya dijual strata title, satu tower lainnya disewakan. Tower pertama strata title yang tutup atap (topping off)-nya berlangsung pada 18 Maret 2014 saat ini sudah terjual 80 persen. Rencananya Juli mendatang gedung pertama ini sudah bisa beroperasi.

Gedung setinggi 21 lantai (34 ribu m2) itu dijual seharga Rp35 juta/m2, naik lebih dari Rp15 juta dari harga perdana. Tower kedua dan ketiga groundbreaking-nya rencananya  akan dilaksanakan pada akhir tahun 2014 dan 2016.  “Tiga tower itu total luasnya mencapai 180 ribu m2,” ujar Budi.

Untuk mengembangkan GRBP PT Triyasa merogoh dana sebesar Rp2 triliun.  PT Triyasa medio tahun ini juga akan merilis  kondominium di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan dengan investasi Rp1 triliun.  Di situ akan dibangun empat tower kondominium (1.000 unit) di atas lahan 1,9 ha. “Konsepnya healthy living yang menyasar kalangan menengah atas.  Harganya berkisar  Rp18 – 19 juta/m2,” katanya.   Yudis

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments