Saturday, July 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedFootball Theme Park Akan Hadir di Ohio, AS

Football Theme Park Akan Hadir di Ohio, AS

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Kesuksesan theme park milik Walt Disney memberi ide David Baker untuk membuat taman rekreasi bertema dengan konsep serupa, tapi dengan tema berbeda. Football, adalah tema yang akan diangkat. Maklum Baker adalah mantan komisioner American Football League (AFL) yang sekarang menjabat Presiden Pro Football Hall of Fame.

Football meski dapat diterjemahkan secara bebas adalah sepak bola, tapi olah raga ini berbeda sama sekali dengan sepak bola (soccer) yang kita kenal. Olah raga ini serupa rugby dan lebih berkembang di benua Amerika, terutama di belahan utara, bahkan jadi olah raga favorit masyarakat negeri Paman Sam.

Football Theme Park Ohio

Tingginya kecintaan pada olah raga ini, para fans masih mengelu-elukan para bintang dan pemain legenda football  tersebut meski mereka sudah tidak lagi merumput.  Jangan heran, kalau sejak tahun 1963 sebuah gedung yang diberi nama the Pro Football Hall of Fame sudah berdiri di Ohio. Tepatnya di sudut jalan Interstate Highway 77 di Canton. Di tapak gedung inilah nanti akan berdiri theme park bertema football tersebut.

“Ini akan menjadi Disney World of football,” kata Baker yang juga mantan pemain football. Di sini selain museum dan stadion, kelak akan dibangun hotel bintang empat, conference center seluas 3.251 m2, National Football League (NFL) Experience exhibition hall, lapangan, toko-toko, tempat latihan serta apartemen yang merangkum 150 unit yang ditujukan untuk pensiunan pemain. Baker berharap, tempat ini bukan sekadar tempat rekreasi, tapi di sini pengunjung bisa mendapatkan pengalaman seperti kalau mereka ke Disney’s themepark.

Taman ini ditargetkan bisa rampung sebelum tahun 2019 dan untuk mewujudkannya diperkirakan akan menghabiskan dana sebesar 476 juta dolar AS atau Rp 6,27 miliar.  Proyek yang cukup ambisius untuk kota sekelas Canton. “Saya belum pernah melihat angka sebesar itu untuk proyek yang kami kerjakan,” kata Stuart Lichter, Presiden Realty Group LLC, pengembang asal California, yang ditunjuk untuk mendesain dan mengembangkan proyek ini.

Soal nilai itu pula yang membuat proyek theme park ini memunculkan pendapat pro kontra. Yang kontra mengatakan, bahwa proyek ini terlalu memakan biaya, menanyakan sumber dananya dan bagaimana mengembalikanya. Maklum untuk membangun proyek ini, pihak the All of Fame hanya menyiapkan dana sebesar 32 juta dolar AS (Rp 421 miliar). Sementara sisanya didapat dari urunan banyak pihak termasuk dari pihak kontraktor, juga hutang.

Sebaliknya yang pro menilai bahwa pembangunan theme park ini bisa menarik wisatawan dan menaikkan pendapatan daerah dari pajak. Menurut studi pengantar presentasinya, proyek ini bisa menarik pendapatan daerah setinggi 80-100 juta dolar AS (Rp 1,1 – 1,3 triliun) per tahun.

(Sumber: WallStreet Journal dan Forbes)

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments