Wednesday, July 17, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedDibangun Bendungan Senilai Rp1,3 Triliun Untuk Kendalikan Banjir Jakarta - Housing-Estate.com -...

Dibangun Bendungan Senilai Rp1,3 Triliun Untuk Kendalikan Banjir Jakarta – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Untuk mengurangi dampak banjir di Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpura) akan membangun bendungan kering (dry dam) di Ciawi, Bogor, dan Sukamahi. Proyek ini menjadi bagian masterplan penanggulangan banjir di Jakarta selain proyek normalisasi aliran sungai, sodetan, dan dam.

Ilustrasi

Ilustrasi

Menurut Kepala Pusat Bendungan Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Kemenpupera, Imam Santoso, dry dam ini merupakan yang pertama dibangun di Indonesia. Bendungannya tidak menampung air karena itu dinamakan bendungan kering. Fungsi bendungan ini hanya untuk mengalirkan dan mengejar kapasitas pengendalian banjir saat debit air tinggi atau hujan lebat.

“Dua bendungan ini bisa menampung air sebanyak 189 meter kubik (m3) per detik,  sekitar 13 persen dari kapasitas Sungai Ciliwung yang mengalir ke Jakarta. Makanya proyek ini  diikuti dengan selesainya proyek normalisasi Ciliwung,” ujarnya pada diskusi mengenai SDA di Jakarta, Selasa (20/9).

Dry dam satu paket pekerjaan dengan pelebaran pintu air Manggarai dan Karet serta sodetan Ciliwung ke Kanal Banjir Timur. Proyek saling terkait ini diharapkan bisa mengurangi dan memecah volume air ke Jakarta. Prinsip pengendalian diperlukan karena  menghilangkan banjir di Jakarta yang berada di hilir dan dataran rendah tidak bisa.

“Kami telah menyiapkan anggaran sebesar Rp820 miliar untuk Bandungan Ciawi dan Rp480 miliar untuk Bendungan Sukamahi yang mulai dikerjakan pada akhir 2016,”  imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments