Friday, March 1, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedConwood Siap Menggantikan Kayu

Conwood Siap Menggantikan Kayu

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Sejak zaman dulu kayu digunakan sebagai salah satu material utama untuk membangun rumah. Hanya saja pertumbuhan pohon tidak bisa cepat. Penebangan pohon untuk diambil kayunya juga berdampak buruk terhadap lingkungan karena dapat menyebabkan banjir dan mengurangi fungsi paru-paru dunia. Saat ini perkembangan teknologi memungkinkan menciptakan material lain untuk menggantikan bahan utama kayu.

Conwood sebagai subtitusi kayu

Conwood sebagai subtitusi kayu

Salah satunya adalah penggunaan bahan dasar fiber semen untuk digunakan sebagai papan, lisplank, plafon, dan lainnya, yang biasanya menggunakan kayu. Di pasaran ada beberapa produk material berbahan dasar semen, diantaranya Conwood (Thailand), selain brand lokal seperti GRC dan Elephant.

Conwood diproses dengan teknologi dari Swiss menggunakan campuran selulosa fiber semen dan bebas dari bahan asbes. “Dengan produk ini kami menawarkan substitusi (pengganti) kayu,  bukan hanya motifnya seperti kayu tapi produk ini memang didesain aktual seperti kayu,” ujar Chitpan Tandavanitj, Commercial Director PT Conwood Indonesia, di sela-sela acara Megabuild Indonesia 2014 di Jakarta, Sabtu (19/4).

Conwood mengeluarkan dua macam motif: standar (plain) dan pattern (bertekstur). Kelebihan motif pattern setiap batangnya memiliki motif yang berbeda sehingga sangat natural seperti kayu sungguhan. Karena dirancang sebagai  substitusi kayu maka hampir semua material dari kayu dapat digantikan dengan Conwood.

Produk ini tersedia dalam ukuran standar dengan panjang 3 meter, lebar 10-25 cm, dan ketebalan 1-3 cm. Aplikasinya sangat luas, untuk lisplank, plafon, aplikasi lantai, dinding, railing, tangga, dan lain-lain. “Kami ingin meng-encourage arsitek maupun desainer untuk berkreasi dengan produk substitusi kayu ini, misalnya untuk furnitur,” tambah Chitpan.

Conwood dengan ketebalan 3 cm bisa digunakan untuk aplikasi lantai dengan kekuatan mencapai 250 kg/m2 beban terpusat. Harganya disebut lebih murah 10 persen dibandingkan dengan produk kayu asli berkualitas baik atau sekitar Rp58 ribu-Rp400 ribuan/batang.

Conwood Company merupakan anak usaha Siam City Cement (Holcim Group-Swiss) dengan pabrik di Thailand. Masuk ke Indonesia tahun 2012, saat ini Conwood memiliki distributor di beberapa kota besar di Jawa, Bali, dan Sumatera. Conwood juga akan membangun pabrik di Cikarang dengan kapasitas produksi 3 ribu ton/bulan. Saat ini kapasitas produksi dari pabrik di Thailand mencapai 9 ribu ton/bulan. Yudis

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments