Tuesday, July 16, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedCoffee Maker, Gaya Ngopi Orang Kota - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Coffee Maker, Gaya Ngopi Orang Kota – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Ngopi bukan sekadar aktifitas minum tapi sudah menjadi bagian gaya hidup.

Housing-Estate.com, Jakarta – Aktifitas minum kopi makin menjadi gaya hidup kalangan menengah atas di kota-kota besar, seiring menjamurnya kedai kopi modern (coffee shop) dengan merek nasional maupun global. Karena tren itu, profesi peracik kopi (barista) pun ikut naik daun. Begitu pula produk elektronik pembuat kopi (coffee maker).

Apartemen Kota Kasablanka Gunakan Beton SCH (4)
Apartemen Kota Kasablanka Gunakan Beton SCH (3)

Kalau dulu untuk membuat kopi di rumah orang harus menyeduhnya satu per satu, dengan coffee maker bisa sekaligus dengan rasa dan aroma yang konsisten. Sudah banyak produsen yang memasarkan produk peracik kopi. Sebutlah Sharp, Electrolux, dan Bosch.

Menurut Herdiana Anita, Marketing General Manager PT Sharp Electronics Indonesia, gaya hidup saat ini serba instan yang menuntut kecepatan, kepraktisan, dan kebersihan. “Coffee maker diadakan untuk mendukung gaya hidup itu,” katanya. Awalnya banyak dipakai penghuni apartemen sebelum meluas ke rumah tapak kalangan menengah atas.

Hal senada diutarakan Arlisa Ardhiani, Product Marketing Manager PT Electrolux Indonesia. “Dengan coffee maker, bangun tidur tinggal nyalakan alat ini, kemudian mandi. Selesai mandi, kopi sudah tersedia dan selalu hangat. Jadi, praktis dan cepat,” ujarnya. Biasanya coffee maker diadakan satu set dengan pemanggang roti (bread/ sandwich toaster).

Komponen coffee maker terdiri dari tabung pemanas air, filter penyaring ampas kopi, dan cerek di bagian bawah. Jadi, kopi yang diminum sudah tanpa ampas. Tinggal masukkan air dan bubuk kopi ke wadahnya masing-masing, alat akan memanaskan dan menyaringnya.

Air kopi dari tabung air turun (dripping) melalui nozzle yang terkoneksi dengan cerek. Kalau cerek tidak ada, air kopi tidak akan drip. Gula, susu, atau cream ditambahkan di luar setelah kopi dituang ke cangkir. Coffee maker Sharp dan Electrolux dirancang stylish terbuat dari plastik dengan cerek kaca.

Sharp hanya melansir satu model warna putih berkapasitas 1,5 liter (10-15 cangkir) dengan daya listrik 700 W. Harganya Rp250 ribu/unit dengan garansi satu tahun. Sementara Electrolux melepas dua model berwarna putih dan hitam dengan kapasitas 1,25 liter (10–12 cangkir) dan 15 liter, daya 730 W dan 915 W, seharga Rp375 ribu dan Rp420 ribu/ unit dengan garansi satu tahun.

High End Dari Bosch

Bosch (Jerman) tidak hanya menawarkan coffee maker premium untuk membuat kopi hitam konvensional, tapi juga jenis kopi lain seperti espresso, cappuccino, dan coffee latte. “Kita menyebutnya Espresso Machine karena spesialisasinya bikin espresso,” kata Raymond Arief, Assistant Sales Manager Home Appliances Division PT Daikinaircon, distributor Bosch.

Kalau pada coffee maker biasa yang dimasukan kopi bubuk, pada Espresso Machine langsung biji kopinya antara 300–500 gr untuk membuat 15–20 cangkir kopi. Kalau yang dimasukkan bubuk kopi, kapasitasnya hanya dua sendok untuk 1–2 cangkir. Biji kopi akan dihancurkan (grinder), kemudian dengan tekanan dan panas tertentu menghasilkan kopi sesuai yang kita mau.

“Semua proses otomatis dan rasanya dijamin selalu sama. Pokoknya very easy, very simple, very hygienic, dan very clean,” jelasnya. Proses grinding-nya juga memiliki level kekuatan untuk menghasilkan tingkat kasar kopi sesuai selera. Begitu pula setiap presser-nya, punya tekanan tertentu, selaras dengan jenis kopi yang diinginkan.

Disediakan container untuk menyimpan susu yang terpisah dari mesin (supaya bisa disimpan di kulkas). Saat digunakan tinggal menyambungkan selangnya ke nozzle Espresso Machine. Susu pun diputar dengan panas dan tekanan tertentu untuk menghasilkan buih kopi layaknya kopi di kafe. Produk berwarna silver ini berkapasitas 2 liter dengan daya 1.400 W. Harganya Rp23–26 juta/ unit dengan garansi satu tahun.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments