Saturday, July 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedCikampek – Palimanan Hanya 1,5 Jam - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Cikampek – Palimanan Hanya 1,5 Jam – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Berita baik bagi para pengendara kendaraan roda empat yang akan mudik lebaran tahun ini. Dari Cikampek (Purwakarta) ke Palimanan (Cirebon) sejauh 116 km dapat ditempuh hanya 1,5 jam. Waktu perjalanan ini dapat dirangkas dengan adanya jalan tol Cikampek – Palimanan (Cikapali) yang direncanakan akan beroperasi sebelum bulan Ramadhan. Saat ini melalui jalan arteri, Cikampek – Palimanan rata-rata membutuhkan perjalanan 4 – 5 jam.

Menpupera Basuki Hadimuljono

Menpupera Basuki Hadimuljono saat mengunjungi proyek tol Palimanan

Menurut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono, jalan tol Cikapali sedianya diresmikan pada bulan Agustus 2015 mendatang, namun atas permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pembangunannya dipercepat agar bisa digunakan untuk mudik lebaran tahun ini.

“Kontrak jalan tol ini sebenarnya bulan Agustus, tapi untuk memperlancar arus mudik jadinya dipercepat. Sekarang dilakukan uji kelaikan hingga tanggal 5 Juni, rambu dan penerangan jalan juga sudah lengkap. Saya ingin investor dan kontraktornya diberi penghargaan karena kualiasnya memuaskan, cut and file bagus, pemandangannya juga bagus,” ujarnya saat meninjau ruas tol Cikapali, Selasa (2/6).

Menurut perhitungan beroperasinya jalan tol ini akan mengurangi kemacetan di jalur pantai utara (Pantura) Jawa hingga 40 persen. Jalan tol Cikapali memperpendek jarak hingga 40 km. Kendati dari segi jarak tidak berbeda jauh dengan jalan arteri tetapi waktu tempuhnya jauh lebih singkat. Diperkirakan pengendara dapat memangkas waktu tempuh hingga 3,5 jam.

Basuki menjelaskan, jalan tol Cikapali memiliki 99 jembatan, tujuh pintu masuk dan keluar berupa simpang susun, dan delapan area istirahat (rest area) yang terdiri dari empat rest area tipe A dengan SPBU dan empat rest area tipe B tanpa SPBU. Jarak setiap rest area sekitar 25 km.

“Belajar dari jalan tol Cipularang, untuk mengurangi dampak sosial rest area ini akan mengakomodir UMKM lokal dari Subang, Indramayu, dan Majalengka untuk mengisi kios-kios di rest area dan nanti pemilihan UMKM dilakukan oleh bupati setempat. Ini untuk menambahkenyamanan jalur tol ini,” tandas Basuki.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments