Friday, March 1, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedCermat dan Berani Menjadi Konsumen

Cermat dan Berani Menjadi Konsumen

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Suasana Pameran

Meskipun sudah memiliki UU Perlindungan Konsumen, konsumen di negeri ini masih jauh dari terlindungi. Lihat saja, pengaduan di seputar transaksi properti kerap muncul di surat kabar. Keluhan tidak terbatas pada masalah-masalah konvensional seperti spesifikasi rumah tidak sesuai janji, penyerahan rumah dan dokumennya terlambat, tapi sampai ke soal tata ruang.

Tanpa sungkan developer memasarkan rumah di lokasi yang dilalui jaringan infrastruktur seperti pipa gas dan jalan tol. Pemerintah daerah pun tanpa rasa bersalah menerbitkan IMB-nya. Akibatnya, ketika infrastruktur itu dibangun, ratusan rumah di perumahan yang dilaluinya tergusur.

Berdasarkan preseden itu kini selain tetek bengek keabsahan legalitas, klausul dalam perjanjian pengikatan jual beli (PPJB), dan kepastian serah terima rumah dan dokumennya, konsumen juga perlu mencermati master plan perumahan untuk memastikan rumah tidak tergusur proyek infrastruktur, paling tidak sampai masa berlakunya sertfikat HGB-nya habis.

Untuk itu perlu survei langsung ke lokasi. Kumpulkan informasi lengkap mengenai rumah yang akan dibeli. Kalau ragu dengan kredibilitas developernya, datangi asosiasi developer seperti REI dan Apersi.

 

Tata kota

Untuk makin meyakinkan, karena bisa saja developer tidak memberikan informasi yang jujur, datangi bagian tata kota di daerah Anda. Tanyakan apakah lokasi rumah  terkena pembangunan proyek pemerintah.

Survei juga saat rumah dibangun agar Anda bisa melihat progress-nya, sekaligus memastikan pembangunan memang sesuai spesifikasi dan waktu yang dijanjikan. Bila ada indikasi developer melenceng dari janji, Anda bisa langsung mengingatkan.

Supaya lebih aman ada baiknya membeli dengan fasilitas KPR, karena biasanya bank baru mengucurkan kredit bila yakin developer akan membangun rumah yang dipasarkan. Bank juga tidak mau membiayai rumah yang bakal terkena proyek infrastruktur.

Mengenai klausul dalam PPJB yang dibuat pengembang, jangan diteken begitu saja. Bila merasa ada pasal yang merugikan atau meragukan, jangan takut meminta developer mengubahnya. Jadilah konsumen yang cerdas. Teliti secara cermat dan seksama semua yang berkaitan dengan rumah yang diminati.

Dok. Majalah HousingEstate

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments