Friday, July 19, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedBiaya Servis di 4 Mal Mewah Ini Bisa Untuk Sewa Kantor -...

Biaya Servis di 4 Mal Mewah Ini Bisa Untuk Sewa Kantor – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Sesuai kelasnya, mal-mal mewah di Jakarta memasang biaya sewa (rental rate) sangat mahal. Kebanyakan penyewanya (tenant) adalah brand kenamaan atau brand internasional. Di Jakarta ada empat mal yang dikategorikan mewah, yaitu  Plaza Senayan, Senayan City, Pacific Place, dan Grand Indonesia.

Plaza Senayan

Plaza Senayan

Tarif sewa mal mewah tersebut rata-rata di atas Rp1 juta/m2 per bulan.  Itu belum termasuk biaya srvis (service charge). Menurut Ferry Salanto, Associate Director Research Colliers International, sebuah perusahaan manajemen dan konsultan properti global, untuk service charge hingga saat ini yang paling tinggi Plaza Senayan.

“Saat ini service charge Plaza Senayan mencapai Rp180 ribu/m2 per bulan, ini hampir sama dengan harga sewa perkantoran di di T.B. Simatupang, Jakarta Selatan” ujar Ferry kepada housing-estate.com saat paparan Jakarta Property Market di Jakarta, Selasa (7/4).

Ferri mengatakan, harga sewa di Plaza Senayan naik paling tinggi disbanding mal mewah lain sebesar 18, 2 persen. Mal lainnya kenaikannya rata-rata 16,7 persen. Tingkat serapan (okupansi) mal kelas atas juga cukup baik mencapai 90 persen. Secara umum, serapan untuk mal di Jakarta masih cukup baik karena diberlakukannya moratorium pembangunan mal baru oleh pemprov sehingga suplai ruang mal tidak bertambah sementara kebutuhan untuk ruang ritelnya tetap tinggi.

“Pertumbuhan ruang ritel yang cukup bagus di luar Jakarta adalah Bekasi dan Tangerang. Dua daerah ini pertumbuhannya lebih baik dibandingkan Depok dan Bogor. Khusus kawasan Serpong pertumbuhannya sangat baik karena banyak mal bagus di kawasan ini, biaya rental tertinggi di luar Jakarta juga  di Serpong,” imbuhnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments