Monday, February 26, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedBekasi Serahkan Sebagian Wilayahnya ke DKI

Bekasi Serahkan Sebagian Wilayahnya ke DKI

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Kawasan perbatasan DKI Jakarta dengan Bekasi, Jawa Barat, yang selama ini simpang-siur kewenangan administrasinya akhirnya diselesaikan. Sebagian wilayah di Kelurahan Jatimurni, Kecamatan Pondok Melati, yang selama ini diurus Pemkot Bekasi dimasukkan ke dalam Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Luas wilayah yang diserahkan ke DKI sekitar 5 ha.

Walikota Bekasi Rahmat Effendi

Walikota Bekasi Rahmat Effendi

Menurut Walikota Bekasi Rahmat Effendi, selama ini wilayah tersebut menjadi teritorinya Bekasi. Tapi sejak keluarnya Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 36 Tahun 2015 tentang batas daerah wilayah tersebut kini menjadi teritori Jakarta Timur. Keputusan tersebut sudah melalui kajian panjang dan  setelah dilihat tata ruangnya memang milik DKI Jakarta.

“Jadi peralihan ini untuk mengikuti amanat peraturan yang ada. Luasan 5 ha itu mencakup 35 obyek pajak dan dengan dialihkan menjadi milik DKI Jakarta kami mencabut NJOP dan diserahkan ke wilayah Jakarta Timur. SPPT PBB tanah  yang kami terbitkan otomatis dibatalkan dan beralih wilayah,” ujarnya saat penandatanganan peralihan batas wilayah di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (17/5).

Pada kesempatan itu Rahmat  menyerahkan data normatif mengenai obyek dan subyek pajak yang sebelumnya berada di bawahnya kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ikut diserahkan juga salinan peta blok tanah dan penetapan NJOP PBB tahun 2016 yang telah diterbitkan oleh Pemkot Bekasi dan telah resmi menjadi bagian dari wilayah administratif Pemkot Jakarta Timur.

Ahok menyebutkani batas di wilayah tersebut selama ini memang tidak jelas dan banyak yang tidak mengetahui masuk wilayah mana. Pada kesempatan itu Ahok menyatakan pihaknya akan memprioritaskan pemberian hibah  kepada Bekasi.

“Kawasan greater Jakarta atau Jabodetabek itu seperti satu kesatuan, dengan penyerahan ini ke depannya kita harus cover lebih besar lagi khususnya untuk wilayah Bekasi. Dari kemitraan kami dengan wilayah greater Jakarta memang harus terus ditingkatkan, khusus Bekasi ada banyak yang perlu kita perbaiki seperti fasilitas Bantargebang, banjir kanal timur (BKT), dan lainnya,” imbuhnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments