Wednesday, July 17, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedBank Tidak Boleh Salurkan KPR Untuk Orang Asing - Housing-Estate.com - Portal...

Bank Tidak Boleh Salurkan KPR Untuk Orang Asing – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Lampu hijau dari pemerintah mengenai kepemilikan properti oleh orang asing dinilai sebagai terobosan positif. Beleid  ini  bila berlaku bakal menggairahkan sektor properti dan dapat menarik dana segar dari orang asing. Bank Indonesia (BI) sudah mengisyaratkan bahwa perbankan dalam negeri tidak boleh membiayai pembelian property oleh orang asing.

Properti Asing

Ilustrasi

“Secara aturannya, untuk pembiayaan properti dengan KPR itu hanya bisa untuk orang lokal atau yang memiliki KTP sini. Jadi asing tidak bisa membeli properti di sini dengan KPR, dia harus tunai atau dengan mekanisme pembiayaan lain,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara,  saat berbincang dengan media akhir pekan lalu di Jakarta.

Rencana dibolehkannya asing membeli property itu beberapa kali dikemukakan secara terpisah oleh Menterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Basuki Hadimuljono dan Menterian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ferry Mursidan Baldan. Menurut keduanya, property yang boleh dimiliki orang asing adalah apartemen yang dibangun di atas hak pakai seharga di atas Rp5 miliar. Mereka juga akan dikenakan pajak pertambahan nilai barang mewah (PPnBM).

“Aturan perbankan kita terkait KPR memang khusus untuk warga lokal. Bisa saja orang asing  mendapatkan KPR, syaratnya dia residence sehingga memiliki KTP. Kalau dia non residence sehingga tidak punya KTP, ya tidak bisa membeli. KTP itu syarat mutlak untuk KPR,” tandasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments