Wednesday, July 17, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedAksesoris Atap Atasi Bocor

Aksesoris Atap Atasi Bocor

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Bocor, rembes dan tampias adalah masalah klasik pada atap. Titik kebocoran pada atap kadang sulit terdeteksi dengan pasti. Sementara tampias sering tak terhindarkan karena angin yang cukup besar, sehingga menggeser genteng dan meniup air hujan masuk ke sela-sela atap. “Bocor itu tidak akan pernah terselesaikan karena air tidak jatuh di tempat yang bocor, tapi pindah-pindah mengalir ke tempat yang kotor,” kata Elisa Sinaga, Factory Manager dari PT Satya Djaya Raya Trading Coy, produsen atap keramik Kanmuri.

aksesoris genteng

Kanmuri melakukan diferensiasi pasar dengan mengeluarkan inovasi produk aksesoris genteng untuk mengatasi masalah pada atap itu. Aksesoris membantu mengurangi risiko kebocoran pada daerah rentan di atap seperti nok atau kerpus, talang jurai, dan pertemuan dinding dengan atap. Selain itu ada juga kelengkapan lain seperti aksesoris lisplang untuk menutup bagian atap yang terbuka di samping kiri dan kanan pada bentuk atap pelana.

Teknik pemasangan dengan menyekrup genteng kini juga sering diabaikan oleh tukang, padahal bisa meminimalkan pergeseran genteng. Produsen genteng kemudian melahirkan sistem interlocking pada pertemuan antar genteng yang mampu menahan genteng agar tidak mudah longsor. “Di sini tukang males menggunakan lubang sekrup, genteng hanya diletakkan begitu saja. Masalah itu kita tanggulangi dengan sistem interlocking,” ujar David Hendra Wijaya, Marketing Supervisor PT M-Class Industry, produsen genteng keramik M-Class.

Penutup sisi nok

Bagian nok atau kerpus atap paling berisiko merembeskan air. Sisi samping nok umumnya ditutup dengan plesteran semen yang mudah retak sehingga menyebabkan air meresap. Melapisi plesteran dengan cat anti air (waterproof) biasanya hanya bertahan 2-3 tahun.  Untuk mengatasi masalah itu Kanmuri telah memasarkan aksesoris Lapping Tile sebagai pelindung semen pada kerpus. Produk ini berbahan sama dengan genteng tapi berpermukaan datar.

aksesoris genteng atas bocor

Cara pemakaian,  produk  dipecah menjadi dua dan dipasang pada sisi kanan dan kiri bawah nok. Potongan lapping direkatkan dengan adukan semen pada area pertemuan dua susunan genteng dan dapat diperkuat dengan paku 5 cm. Setelah lapping tile baru diletakkan nok di atasnya dengan adukan semen. Secara kasat mata, area nok terlihat bersih dan rapi tanpa terlihat plesteran semen selain terhindar dari rembesan air hujan.

M-Class juga mengembangkan produk serupa, pengganti semen kerpus untuk tipe genteng M1 yang bernama M1TA. Aksesoris dari keramik yang tersedia dalam 16 varian warna ini juga berfungsi sebagai tanggul air pada nok. Namun sampai saat ini produk belum dipasarkan dan masih dalam tahapan produksi. “Aksesoris ini bisa mengatasi cuaca yang semakin ekstrem, tampilan antara nok, kerpus dan genteng utama juga akan senada, lebih bagus dan rapi,” kata David.

Next : Talang air dan genteng dobel

Laman: 1 2 3

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments