Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeUncategorized242 Pengembang Nunggak Kewajiban Bangun Rusun - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

242 Pengembang Nunggak Kewajiban Bangun Rusun – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estat Indonesia (REI) DKI Jakarta membentuk satuan tugas pembangunan rumah susun atau Satgas Rusun. Satgas ini menjadi penghubung pengembang dan Pemprov DKI Jakarta terkait kewajiban pengembang membangun rusun. Menurut SK Gubernur No. 540/1990 dan No. 640/1992, pengembang yang membangun di atas area sekuas 5.000 m2 berkewajiban membangun rusun 20 persen dari luas efektif  lahan yang dikembangkannya.

Amran Nukman

Amran Nukman

Menurut data Pemprov DKI sebanyak 242 pengembang pemegang surat izin penunjukan penggunaan tanah (SIPPT) belum memenuhi kewajiban membangun rusun. Dari jumlah tersebut 46 di antaranya anggota REI DKI.  “Kami sudah bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta. Pertemuan itu merupakan upaya kami untuk mendukung program gubernur dalam membangun rusun dan kami sudah sepakat untuk mengoordinasikan para anggota REI untuk segera menyelesaikan kewajibannya,” ujar Ketua REI DKI Jakarta Amran Nukman di Jakarta, Kamis (11/6).

Dalam pertemuan tersebut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) didampingi Wakil Gubernur Djarot Syaiful Hidajat, para walikota, dan seluruh dinas terkait. Menurut Amran, Satgas Rusun akan memfasilitasi pengembang dengan pemprov sehingga kewajiban membangun rusun segera bisa diselesaikan.

“Kami meminta kepada para pengembang untuk tidak lagi menunda-nunda kewajibannya. Bersama tim teknis dari pemprov akan dihitung berapa jumlah kewajiban setiap pengembang dan bagaimana menyelesaikan kewajibannya tersebut,” ujarnya.

Pemprov DKI Jakarta menargetkan membangun 50 ribu unit rusun. Dari jumlah tersebut 7.000 unit di antaranya akan segera dibangun  untuk warga yang terkena proyek relokasi. Karena itu Basuki meminta pengembang segera menyelesaikan kewajibannya agar lebih banyak rusun yang diperuntukkan bagi warga tidak mampu.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments