Thursday, June 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedUrbanisasi Itu Peluang, Tidak Seharusnya Dilarang - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Urbanisasi Itu Peluang, Tidak Seharusnya Dilarang – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Setiap habis Lebaran selalu digaungkan imbauan kepada para pemudik agar tidak membawa keluarga dan kerabatnya ikut ke Jakarta untuk mencari nafkah. Alasannya, urbanisasi (perpindahan orang dari desa ke kota) itu akan menambah beban dan masalah kota yang sudah sangat kompleks dan padat. Tapi, dalam konsep modern, urbanisasi justru memunculkan peluang dan karena itu tidak seharusnya dilarang.

Kota Jakarta

Kota Jakarta

Menurut Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Rina Agustin Indriani, sikap yang berupaya menekan urbanisasi itu sudah kuno. Kota yang baik justru harus terbuka terbuka terhadap urbanisasi dan menjadikannya sebagai peluang untuk memajukan kota.

“Dalam konsep kota modern, urbanisasi itu justru nilai tambah. Makanya perlu diatur dengan regulasi dan perbaikan manajemen kota, sehingga urbanisasi itu justru meningkatkan perekonomian kota,” katanya saat berbicara di Kantor Pusat Informasi Pengembangan Permukiman dan Bangunan (PIP2B) Kemenpupera Kota Ambon, Maluku, Kamis (5/10).

Dari sisi hunian misalnya, tantangan besarnya bagaimana enyediakan hunian yang terjangkau oleh seluruh warga. Karena itu konsep kota terbuka harus melibatkan semua pihak yang berkepentingan di dalamnya, baik pemerintah, swasta, dan masyarakat secara luas.

Ia menambahkan, pemerintah pusat melalui Kemenpupera telah memiliki banyak program untuk mengembangkan konsep kota terbuka itu. Namun diperlukan dukungan pemerintah daerah, misalnya dalam hal legislasi lahan dan lain-lain yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Di Indonesia mulai banyak muncul kota-kota yang cukup sukses (dikelola) dan mendapat penghargaan dunia seperti Surabaya, Bandung, Balikpapan, Banyuwangi, dan lain-lain. Makanya komitmen pimpinan daerah untuk mengembangkan kotanya menjadi sebuah kawasan yang terbuka sangat penting,” jelas Rina.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments