Monday, July 15, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedUnit Syariah Bank BTN Terus Tumbuh

Unit Syariah Bank BTN Terus Tumbuh

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Perbankan yang menerapkan prinsip syariah semakin mendapat tempat di kalangan masyarakat. Sistemnya dinilai dinilai lebih transparan dan fair. Berbeda dengan perbankan konvensional yang menerapkan sistem bunga, sistem syariah menerapkan bagi hasil antara bank dengan nasabah.

Ilustrasi

Ilustrasi

Salah satu bank syariah yang mencatatkan pertumbuhan positif  ekonomi yang tengah melemah adalah syariah Bank BTN. Kendati masih berstatus unit usaha syariah (UUS) dari induknya yang menerapkan sistem konvensional, UUS Bank BTN pada semester pertama 2015 mencatatkan pertumbuhan kinerja cukup baik.

Menurut Direktur Utama Bank BTN Maryono, aset UUS Bank BTN tumbuh sebesar 18,8 persen atau Rp11,8 triliun dibandingkan periode sebelumnya sebesar Rp9,9 triliun. “Penghimpunan dana dari UUS juga meningkat dari Rp7,3 triliun tahun 2014 menjadi Rp9,2 triliun atau meningkat hingga 25,5 persen,” ujarnya di Jakarta, Kamis (13/8).

UUS Bank BTN sudah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp10,1 triliun, tumbuh 15,8 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp8,7 triliun. Menurut Maryono, UUS membukukan laba sebesar Rp130,8 miliar, tumbuh 34,4 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp97,32 miliar.

Maryono menyambut positif  relaksasi yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di sektor perbankan untuk menstimulus perekonomian nasional. Berbagai kebijakan dari OJK dinilai memberi dampak positif terhadap kinerja BNT. “Kebijakan itu antara lain tagihan atau kredit yang dijamin pemerintah dikenakan bobot risiko 0 persen dalam perhitungan aset tertimbang menurut risiko (ATMR), penilaian prospek usaha sebagai salah satu persyaratan restrukturisasi kredit tanpa mempertimbangkan kondisi pasar, penurunan bobot risiko beragun rumah tinggal, dan penurunan bobot risiko KPR rumah sederhana,” tandasnya.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments