Saturday, April 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedTiga Ruas Tol Trans Jawa Beroperasi 2017 - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Tiga Ruas Tol Trans Jawa Beroperasi 2017 – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) akan ngebut mengerjakan beberapa proyek jalan tol.  Di Pulau Jawa ada beberapa ruas yang akan dioperasional tahun 2017 mendatang seperti jalan tol Bawen-Salatiga, Solo-Ngawi, dan Ngawi-Kertosono.

Proyek Jalan Tol Bawen-Salatiga

Proyek Jalan Tol Bawen-Salatiga

“Mudah-mudahan jalan tol Trans Jawa di tiga ruas ini bisa beroperasi pada pertengahan tahun 2017 sehingga bisa digunakan untuk jalur mudik Lebaran tahun depan. Yang pasti tiga proyek ini terus dikebut dan ditargetkan bisa beroperasi penuh pada Oktober 2017,” ujar Menpupera Basuki Hadimuljono saat memaparkan progres pembangunan jalan tol Trans Jawa di Jakarta, Senin (19/12).

Jalan tol Solo-Ngawi memiliki panjang mencapai 90,25 km yang pembangunannya menggunakan kerja sama pemerintah dan badan usaha. Pemerintah memberikan dukungan konstruksi karena jalan tol ini secara ekonomi kurang layak sehingga pemerintah harus lebih berperan untuk pembangunannya agar pihak swasta tertarik untuk ikut masuk.

Untuk membuat jalan tol ini lebih layak pemerintah juga meningkatkan tingkat kelayakan finansial untuk pembangunan di ruas Kartosuro (Solo)-Karanganyar sepanjang 20,9 km sementara sisanya sepanjang 69,35 km dikerjakan oleh PT Solo Ngawi Jara (SNJ). Untuk porsi pemerintah sendiri hingga saat ini progresnya sudah mencapai lebih dari 90 persen dengan pembebasan lahan hampir 100 persen.

Sisanya yang dikerjakan oleh SNJ untuk ruas Karanganyar-Mantingan (35,15 km) yang konstruksinya sudah mencapai hampir 66 persen dengan status pembebasan lahan 91,4 persen. Ruas Mantingan-Ngawi (34,2 km) konsruksinya sudah mencapai  39,17 persen dengan status pembebasan lahan mencapai 91,7 persen.

“Kami menargetkan seluruh pekerjaan konstruksi bisa selesai pada bulan Juni 2017 sehingga bisa digunakan untuk lalu lintas mudik Lebaran secara terbatas tanpa perlu membayar. Untuk pembebasan lahannya akan diselesaikan hingga Februari tahun depan dan semoga tidak akan ada masalah,” pungkas Basuki.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments