Wednesday, June 12, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedTiga Perusahaan Ciputra Bakal Dilebur - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti No....

Tiga Perusahaan Ciputra Bakal Dilebur – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Tiga perusahaan Terbuka (Tbk) yang berada di bawah bendera Ciputra Group akan dilebur menjadi satu entitas usaha, PT Ciputra Development, Tbk.  Ketiga perusahaan yang akan dilebur adalah PT Ciputra Development Tbk, PT Ciputra Property Tbk, dan PT Ciputra Surya Tbk.

Ilustrasi

Ilustrasi

Menurut Tulus Santoso, Direktur Ciputra Group, langkah merger tiga emiten di bawah Ciputra Group ini sudah menjadi wacana sejak beberapa tahun lalu namun masih terkendala berbagai aturan teknis. “Merger ini sebenarnya rencana lama yang disarankan oleh manajemen Ciputra Group sendiri, dan saran dari fund manager kami. Tiga perusahaan ini dirasa terlalu complicated sehingga sebaiknya dijadikan satu saja,” ujarnya kepada housing-estate.com, beberapa waktu lalu.

Saat ini pihaknya masih menunggu aturan pajak PPh final maupun BPHTB yang masing-masing sebesar 5 persen. “Pemerintah tengah mengkaji aturan pajak merger, dan wacananya pemerintah akan menghapus PPh final, sehingga kalau aturan ini sudah keluar rencana merger ini bisa segera dilaksanakan,” katanya.

Proses mergernya sendiri dipastikan hanya akan memakan waktu sekitar enam bulan karena secara finansial ketiga perusahaan ini sudah terkonsolidasi. Nantinya bila proses merger sudah rampung akan diterbitkan saham baru untuk ditukarkan dengan saham dari perusahaan masing-masing sebelum dimerger.

“Selama ini pemilik saham di Ciputra Development sebagai induk otomatis memiliki saham juga di Ciputra Property dan Ciputra Surya, tinggal nanti bagaimana ditukar dengan saham baru dari hasil merger ini. Harapannya tentu dengan jadi satu perusahaan ini menjadi lebih solid, aset lebih besar, dan menjadi lebih menarik bagi kalangan investor,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments