Saturday, April 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedTanah Wakaf  Bisa Menjadi Penggerak Ekonomi - Housing-Estate.com - Portal Berita Properti...

Tanah Wakaf  Bisa Menjadi Penggerak Ekonomi – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Mantan Menteri Perumahan Rakyat Suharso Monoarfa pernah mengungkapkan Indonesia merupakan negara yang memiliki tanah wakaf terluas di dunia. Berdasarkan data Kementerian Agama luas tanah wakaf di Indonesia lebih dari 300 ribu ha yang tersebar di 366.500 lokasi. Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu menyebutkan tanah wakaf  bisa menjadi sumber modal sangat besar dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang lebih produktif.

tanah Wakaf

tanah Wakaf

Pandangan sebada dikemukakan Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Slamet Riyanto yang menyebut tanah wakaf sangat potensial untuk dikembangkan menjadi properti komersial. “Penggunaan tanah wakaf bukan hanya untuk masjid, pemakaman, gedung sekolah, atau rumah sakit tapi bisa untuk mal, perkantoran, dan properti produktif lainnya,” ujarnya di Jakarta, Kamis (22/12).

Pengembangan tanah wakaf untuk properti komersial tujuannya tetap harus untuk kemaslahatan masyarakat. Ia mencontohkan pengembangan kompleks masjid menjadi kawasan perdagangan sehingga bisa membiayai kebutuhan masjid dan beasiswa untuk masyarakat kurang mampu. Contoh lain yang dilakukan Badan Wakaf Al Azhar di Mesir yang bisa memberi manfaat besar karena memaksimalkan lahan wakaf yang untuk kepentingan produktif. Hasilnya Al Azhar Mesir dapat memberi beasiswa ke segala penjuru dunia termasuk Indonesia.

Tapi gagasan untuk mengoptimalkan fungsi tanah wakaf itu masih terbentur UU No. 41 Tahun 2004 tentang wakaf. Karena itu Slamet akan berinisiatif mengajukan revisi UU agar ruang geraknya lebih luas. “Secara kasar nilai tanah wakaf di seluruh Indonesia mencapai Rp2 ribu triliun dan saat ini 90 persen digunakan untuk masjid, pemakaman, dan sekolah. Badan Wakaf akan  mengedukasi masyarakat bahwa wakaf dapat dijadikan penggerak ekonomi,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments