Saturday, April 13, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedTahun Ini Surabaya Tanpa Retail Baru

Tahun Ini Surabaya Tanpa Retail Baru

Housing-Estate.com, Jakarta – Masyarakat Surabaya dan sekitarnya sepanjang tahun 2014 – 2015 tidak dapat menikmati mal atau pusat perbelanjaan baru. Dalam dua tahun ini di Ibukota Propinsi Jawa Timur itu memang belum ada mal baru yang selesai dibangun. “Sampai tahun 2015 memang tidak ada suplai retail, puncaknya akan terjadi tahun 2016 – 2018,” terang Ferry Salanto, Associate Director Research Colliers International Indonesia, saat memaparkan Surabaya Property Market Report di Jakarta, awal pekan ini.

Ciputra Mall Surabaya

Ciputra Mall Surabaya

Menurut Ferry, proyeksi ini bisa berubah, maju atau mundur. Tahun 2016 ada dua pusat perbelanjaan yang akan beroperasi, Tunjungan Plaza V di Jl Basuki Rahmat dan Supermal Pakuwon 2 di Surabaya Barat. Keduanya dibangun PT Pakuwon Jati Tbk, raja pusat perbelanjaan di Surabaya.

Puncak pasokan akan terjadi tahun 2017. Tahun itu ada 10 pusat perbelanjaan baru beroperasi.  Mayoritas berada di pusat kota Surabaya dan Surabaya Timur. Di pusat kota antara lain Tunjungan Plaza VI, Praxis, Ciputra World Surabaya 2, Capital Square. Sedangkan di timur terdapat  Marvell City (E Square), The Central Gunawangsa, One Galaxy Mall. Tahun 2018 pasoknya turun lagi karena hanya ada dua mal yang akan beroperasi, Mall Pasar Atom 2 dan Puncak CBD Jajar.

Tetapi seperti dikatakan Ferry, skedul itu bisa bergeser. Ini mengingat baru dua proyek yang sudah dalam pembangunan, yaitu Marvell City (15.000 m2) dan The Central Gunawangsa (10.000 m2). Selebihnya masih dalam tahap perencanaan.

Pengusaha tertarik membangun di pusat kota dan Surabaya Timur karena okupansi (tingkat isian) pusat perbelanjaan di dua kawasan itu paling tinggi. Tahun 2014 okupansi pusat belanja di pusat kota hampir mencapai 95 persen, sedangkan di timur sekitar 87 persen. Mayoritas penyewanya bergerak di bidang fashion dan food & beverage. “Kecuali di pusat kota harga sewanya berkisar Rp310 – 350 ribu/m2 per bulan,” terang Ferry.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments