Friday, March 1, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedSingkirkan Bank, Rumah Ini Dijual Tanpa Pinalti - Housing-Estate.com - Portal Berita...

Singkirkan Bank, Rumah Ini Dijual Tanpa Pinalti – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Membeli rumah umumnya menggunakan KPR dari bank. Skema pembiayaan dari bank menjadi pilihan sebagian besar konsumen karena harga rumah yang cukup tinggi. Konsumen cukup menyediakan uang muka atau depe selanjutnya membayar angsuran setiap bulan ke bank. Skema pembiayaan seperti ini ada konsekwensinya, konsumen akan dikenakan denda atau pinalti bila telat membayar cicilan. Kalau telatnya beberapa bulan bank akan  menyita rumah selanjutnya dilelang untuk menutupi sisa pinjaman.

Khalifa Premier

Khalifa Premier

Sekarang ada alternatif jual beli rumah tanpa denda bila terjadi kelambatan angsuran. Adalah Marketing Properti Syariah (MPS) yang memasarkan rumah tanpa bank. Transaksinya menggunakan system syariah. Yang terlibat dalam transaksi hanya dua pihak, pembeli dan developer. Transaksi tetap melibatkan notaris untuk pencatatan dan legalitas.

“Kami dari MPS akan memeriksa kredibilitas dan track record pengembangnya. Selama ini beberapa proyek yang dikembangkan sudah banyak yang berhasil dan diserahterimakan. Dengan sistem syariah  rumah yang dibeli 100 persen milik konsumen, tidak ada denda atau pinalti yang biasa pada sistem perbankan konvensional,” ujar Ika Kurnia, staf pemasaran  MPS, kepada housing-estate.com di Bogor, Rabu (8/6).

Untuk membeli rumah dengan pola ini konsumen harus menyediakan uang muka relatif besar.  Uang muka ini akan digunakan pengembang membangun rumahnya. Pelunasannya relatif singkat 5 tahun sehingga cicilannya cukup besar. Seluruh uang yang masuk akan dikembalikan 100 persen bila terjadi sesuatu sehingga proyeknya terhenti.

Apabila pihak konsumen yang gagal membayar cicilan oleh pengembang akan diberi tenggang waktu selama tiga bulan untuk membayar cicilannya tanpa  ada denda. Bila konsumen tidak sanggup membayar ia diberi opsi mencari pembeli lain yang mau meneruskan kreditnya atau menjual rumah tersebut.

Salah satu perumahan yang ditawarkan MPS adalah Khalifa Premier di Hegarmukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Perumahan sebanyak 17 unit itu mencakup tiga tipe 36/72, 54/98, dan 72/100 seharga Rp394 – 654 juta.  Bila dicicil 5 tahun tipe 36/72 harganya menjadi Rp483 juta.  Lokasi Khalifa Premier  sekitar 2 km dari Stadion Utama Wibawa Mukti Jababeka.

“Cara bayarnya fleksibel disesuaikan dengan kemampuan dan penawaran  pengembang. Untuk Khalifa Residence uang mukanya tinggi mencapai 50 persen atau Rp197 juta, sisanya bisa dicicil Rp4,7 juta/bulan selama 5 tahun. Di perumahan lainnya ada yang depe-nya hanya Rp25 juta segmennya lebih rendah, misalnya di Bekasi, Bogor, Depok, Cilegon, Surabaya,” pungkasnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments