Friday, July 19, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedRusunawa Masuk Hingga Kota Kabupaten

Rusunawa Masuk Hingga Kota Kabupaten

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Housing-Estate.com, Jakarta – Bertepatan dengan hari jadi Kota Sibolga, Sumatera Utara, yang ke-315 tahun, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menpupera) Basuki Hadimuljono meresmikan rumah susun sewa (rusunawa) Sibolga. Pembangunan rusunawa tersebut untuk merespon pesatnya perkembangan penduduk di salah satu kota yang menjadi pintu gerbang wilayah Sumatera Utara itu.

 

Ilustrasi

Ilustrasi

“Rusunawa ini akan menjadi aset pemda, maka diharapkan kerja sama dari Pemerintah Kota Sibolga untuk dapat memelihara dan mengelola aset ini dengan baik dan penggunaannya tepat sasaran. Pemkot sebagai pemilik aset agar segera menjalankan fungsi property management dengan membentuk unit pengelola rusunawa agar pengoperasian gedung dan mekanisme penyewaannya dapat berjalan dengan baik,” ujar Basuki saat penyerahan kunci rusunawa dan perayaan hari jadi Sibolga, Rabu (25/3).

Pembangunan rusunawa ini untuk merespon cepatnya perkembangan Sibolga, khususnya pemukiman nelayan perkotaan yang menjadi pemukiman padat tidak layak huni yang luasnya mencapai 240 ha. Bantuan pembangunan rusunawa dari pemerintah pusat ini sifatnya sebagai stimulan sehingga tetap diperlukan dukungan anggaran dari pemda dan partisipasi aktif masyarakat.

Selama kurun 2010-2014, pemerintah pusat melalui Kemenpupera telah melaksanakan pembangunan perumahan di Provinsi Sumatera Utara dengan anggaran lebih dari Rp728 miliar. Untuk rusunawa telah dibangun sebanyak 41,5 twin block, 142 unit rumah khusus, bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) pembangunan rumah baru sebanyak 2.069 unit, dan BSPS untuk peningkatan kualitas sebanyak 25.412 unit.

Jumlah ini masih ditambah dengan bantuan stimulan prasarana, sarana, utilitas (PSU) rumah tapak sebanyak 12.324 unit, KPR fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) untuk 12. 730 unit, selain 3 twin block rusunawa Sibolga yang baru diresmikan dan 1 twin block rusunawa mahasiswa yang telah diresmikan tahun lalu.

“Kegiatan ini untuk mendukung percepatan program pembangunan satu juta rumah di tahun 2015, semoga semua pihak dapat terus meningkatkan peran serta dan dukungannya,” tandas Basuki.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments