Sunday, May 26, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedRumah Terawat Dengan Jasa Home Cleaning

Rumah Terawat Dengan Jasa Home Cleaning

Jasa pembersihan muncul karena orang kian sibuk dan banyak bagian rumah yang tidak bisa dibersihkan pembantu rumah tangga.

Housing-Estate.com, Jakarta – Urusan bersih-bersih rumah bagi sebagian orang, apalagi bagi yang sibuk, adalah pekerjaan merepotkan. Beruntunglah mereka yang punya asisten rumah tangga yang bisa membantu pekerjaan itu. Tapi bagaimana dengan yang tidak? Sekarang tidak perlu repot. Sudah banyak perusahaan jasa pembersihan rumah (home cleaning service) yang bisa membantu. Cukup angkat telepon atau kirim email, petugas pembersih akan datang ke rumah atau apartemen Anda.

jasa-home-cleaning-head

Layanan yang diberikan beragam. Mulai dari sekedar pembersihan sofa dan springbed sampai general cleaning alias membersihkan seluruh bagian rumah, termasuk membuat kinclong lagi kitchen sink, kloset kamar mandi, dan lantai marmer. Salah satu perusahaan itu adalah Premier Home Cleaning (Jakarta). “Kami menyediakan professional cleaner untuk membersihkan area-area yang sulit dilakukan pembantu rumah tangga,” kata Riska Ilmii Imran, pemilik Premier Home Cleaning.

Menurutnya, banyak bagian rumah serta furnitur dan elemen interiornya yang butuh perlakuan khusus dengan dirawat berkala agar tetap baik dan indah. “Tipe, gaya dan detil desain banyak rumah saat ini bisa dibilang unik. Akibatnya banyak pembantu tidak sanggup membersihkan atau merawat detilnya,” ujarnya. Selain itu, timpal Reza Pratama, Mar keting & Brand Development Home Care Indonesia, usaha home cleaning lain di Jakarta, beberapa jenis noda di lantai, lantai kamar mandi, kloset, wastafel, serta kaca atau alumunium juga butuh proses pembersihan khusus.

Begitu pula karpet, sofa atau matras, sebaiknya dicuci dengan sistem dry clean. “Kalau dicuci basah bisa muncul masalah baru, seperti bau atau jamur akibat pengeringan yang tidak sempurna,” kata Yuanni, Marketing Manager De Hygienique, usaha jasa pembersihan rumah lain, juga di Jakarta.

Sistem cuci

Sistem pencucian yang diterapkan De Hygienique mengacu pada perusahaan induknya di Singapura. Sudah memiliki cabang di sejumlah kota di Asia, perusahaan spesialis pembersih kasur, karpet, dan sofa ini hadir di Indonesia tahun 2006 karena menilai adanya kebutuhan yang kuat terhadap jasa kebersihan indoor dan standar higienis yang tinggi. Saat ini wilayah layanan ketiga jasa home cleaning itu baru di Jakarta dan sekitarnya (Jabodetabek).

Jasa-Home-Cleaning-2-1024x597

Namun Premier dan Home Care punya jasa yang lebih luas, mulai dari cleaning service, perawatan lansekap, renovasi rumah hingga konstruksi. Saat awal berdiri Premier hanya memberikan jasa cleaning yang bisa one time service atau sistem kontrak enam bulan (pembersihan 2-3 kali per minggu). Pengembangan layanan, kata Riska, karena adanya permintaan dari pelanggan yang saat ini kebanyakan masih ekspatriat (pekerja asing).

Baru berdiri tahun lalu layanan Home Care lebih lengkap lagi, dengan menyediakan jasa pest control management, pool management system, hingga pengamanan rumah. “Rencananya kami juga akan meluncurkan jasa profesional maid, cleaning service yang dilakukan setiap hari dari rumah ke rumah atau dari apartemen ke apartemen,” ungkap Reza.

Biaya tergantung ukuran

Biaya pembersihan beragam. Premier misalnya, mengenakan tarif Rp7.500/m2. Order minimal untuk rumah dan ruang komersial (kantor/restoran/gudang) 150 m2, apartemen 50 m2. “Untuk lansekap, juga pengerjaan yang menyangkut konstruksi atau rehabilitasi/renovasi, kami harus lakukan survei lokasi dulu sebelum menentukan harga,” jelas Riska.

Sementara Home Care Indonesia menetapkan harga dengan sistem paket. Untuk paket A yang meliputi lantai (keramik, parket, vinyl), dinding (sampai dengan ketinggian 2,5 m), dan kaca bagian dalam, dikenakan Rp7.000–10.000/m2, paket B (paket A + furnitur dengan ketinggian dinding di atas 3 m) Rp12.000/m2. Jika lantai dan dinding rumah berbahan granit atau marmer, dikenakan biaya tambahan Rp14.500 – 48.000/m2.

Ada juga yang menetapkan biaya berdasarkan tingkat kekotoran rumah. “Makin kotor tentu makin sulit membersihkannya, jadi makin tinggi pula biayanya,” kata Yuanni. Selain itu juga dilihat ukuran karpet atau sofa yang dibersihkan. Untuk matras De Hygienique mengenakan biaya Rp180 – 260 ribu/ unit. Karena jumlah benda yang dibersihkan dan tingkat kesulitan pengerjaan bisa berbeda- beda, tempo pekerjaan pembersihan tidak bisa dipatok.

Karena itu sebelum melakukan pembersihan, mereka akan melakukan survei dulu. “Sebelum pembersihan konsumen harus menyepakati masa kerja yang dibutuhkan,” kata Riska yang menurunkan lima personil di setiap pengerjaan. “Biasanya maksimal lima hari, setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 dengan istirahat satu jam,” lanjutnya.

Home Care yang menurunkan tim 5-7 orang di setiap pekerjaan, masing-masing punya spesialisasi supaya semua bisa dikerjakan simultan. Personil yang diturunkan bisa lebih banyak jika ada permintaan khusus dari konsumen terutama menyangkut waktu pengerjaan. “Misalnya, kami hanya diberi waktu satu hari karena di hari berikutnya rumah akan digunakan atau akan ditempati penghuni,” ujar Reza. Untuk itu dikenakan extra charge. Utuk matras De Hygienique butuh waktu pengerjaan 15-30 menit/unit.

Kualitas dan keamanan

Para penyedia jasa pembersihan menyadari, kepuasan pelanggan menjadi kunci loyalitas konsumen. Untuk itu mereka sudah punya standar kualitas dan protap dalam bertugas. Untuk menjamin pekerjaan sebersih yang diinginkan konsumen, Home Care misalnya, punya tim cleaning advisor yang terlibat dari awal sampai akhir pembersihan. Tim itu juga akan akan mendampingi pemilik rumah untuk memeriksa hasil kerja.

“Bila ada yang belum bersih kami akan tuntaskan meskipun melebihi waktu tanpa extra charge,” kata Reza yang diamini Riska. Demi keamanan para penyedia jasa pembersihan rumah menyeleksi ketat pekerjaannya. “Kami melakukan background check yang cukup ketat kepada seluruh pekerja. Kami menahan identitas mereka selama bekerja,” kata Riska. “Kalau ada yang melanggar, kami kenakan sanksi berat,” tandas Reza.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments