Wednesday, July 17, 2024
Google search engine
HomeUncategorizedRumah Beratap Ganda di Lahan Ngantong

Rumah Beratap Ganda di Lahan Ngantong

Lihat tampilan baru di housingestate.id

Konsultasi

Housing-Estate.com, Jakarta – Saya memiliki lahan yang cukup luas dengan bentuk ngantong atau besar di belakang. Jalan masuk ke lahan hunian sekitar 9 x 20 m dan lahan utama 1500 m2. Saya ingin membangun hunian yang kesannya ramah dan rasanya nyaman. Saya ingin kehangatan keluarga dapat terbentuk dari susunan ruang yang baik. Ruangan yang saya perlukan selain ruangan standar seperti kamar tidur, dua kamar tidur anak, ruang belajar, kamar tamu, dua kamar tidur pembantu, serta dapur kotor dan bersih, juga ada musala, gazebo dan pos satpam. Saya inginkan pengolahan halaman hijau yang banyak dan kolam renang di bagian belakang rumah. Demikian, mohon solusi desain yang optimal. Keluarga May, Jakarta

Solusi Desain

Rumah-Beratap-Ganda-di-Lahan-Ngantong-3

Lahan yang berbentuk sempit di bagian muka dan melebar di bagian belakang sering diistilahkan orang sebagai lahan ngantong. Ada yang meyakini bentuk lahan seperti ini bisa memberi keberuntungan. Terlepas dari itu lahan ngantong memerlukan kecermatan dalam merancang karena bentuk lahan tidak sama besar, ada bagian yang menyempit dan memanjang di depan

Kami berusaha mengoptimalkan desain yang berkesan ramah dan berasa nyaman sesuai dengan permintaan. Kami pilihkan desain yang sederhana dengan bentuk atap pelana ganda dan detail finishing pada fasad untuk memberi kesan ramah. Kenyamanan diciptakan dari perpaduan pengaturan ruang dalam yang terbuka dan luas, bukaan kaca yang terdapat di tiap ruang, dan pengolahan tanaman hijau sebagai pelengkap hunian.

Fasad

Rumah-Beratap-Ganda-di-Lahan-Ngantong

Tampilan eksterior bangunan rumah memakai warna netral dan natural, yakni putih. Detail berupa bidang kayu dengan komposisi warna yang berbeda menjadi elemen estetis yang sederhana namun apik. Permainan material kayu juga dapat dilihat pada detail railing tangga. Komposisi kayu tampak menarik sehingga berfungsi sebagai pembatas sekaligus ornamen. Seluruh area teras dilapisi material kayu supaya menambah kesan mewah dan nyaman. Di area kolam renang pengolahan taman dengan susunan bebatuan untuk menghadirkan nuansa resor yang alami. Dek lebar dari kayu untuk area berjemur dikelilingi berbagai macam tanaman hijau.

Lantai 1

Pintu gerbang untuk mobil dan driveway (jalur masuk) menghantarkan sampai ke halaman muka hunian. Tersedia juga pintu khusus pejalan kaki yang berbentuk pathway ke arah pos jaga. Sebuah carport untuk menampung dua mobil dan sepeda motor terletak di sisi kanan halaman depan.

Rumah-Beratap-Ganda-di-Lahan-Ngantong-2

Teras depan dibentuk memanjang terus sampai ke sisi samping hunian. Pintu masuk utama terletak di depan teras menuju ruang tamu utama. Tangga menuju lantai dua terletak bersisian dengan ruang tamu. Di bagian tengah hunian ada ruang keluarga dan sebuah innercourt sebagai focal point interior. Taman dalam dikelilingi ruang keluarga, kamar tidur tamu dan ruang makan. Pantry sebagai dapur bersih, lengkap dengan meja bar, terletak dekat dengan ruang makan. Dapur kotor sedikit tersembunyi menyatu dengan area servis lain seperti toilet dan kamar tidur pembantu.

Ruang makan memiliki view dan akses ke arah kolam renang di bagian belakang. Dekat kolam renang terdapat musala dalam bentuk gazebo dan jalan setapak kecil dengan naungan tanaman merambat. Sebuah halaman hijau yang cukup besar juga masih tersisa di bagian lahan paling belakang untuk dimanfaatkan sebagai area terbuka.

Lantai 2

Di lantai dua terletak kamar tidur utama seluas 5 x 15 m2 lengkap dengan ruang ganti pakaian dan toilet. Tersedia juga ruang duduk dan sebuah balkon. Kamar tidur anak, keduanya dilengkapi toilet pribadi. Sebuah ruang keluarga terletak di sudut lantai dua. Ruang belajar pribadi tersedia di sisi depan dan berbatasan dengan balkon yang menghadap area halaman depan.

Tips

Lahan ngantong memberi keuntungan secara visual seakan lebih pribadi (privat) terhadap lingkungan sekitar. Gerbang dan jalur masuk ke bangunan harus diolah agar tidak berkesan seperti lorong yang monoton. Gunakan tanaman atau penghijauan untuk menciptakan warna bagi dinding jalan masuk yang panjang itu.

Innercourt adalah solusi menarik untuk menciptakan suasana berbeda, seolah membawa halaman ke tengah rumah. Bila lahan kecil, innercourt dapat dibuat sebagai taman kering agar perawatan mudah. Perhatikan juga naungan yang tepat untuk melindungi dari hujan supaya tidak ada genangan air.

Lihat tampilan baru di housingestate.id

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments