Saturday, September 23, 2023
Google search engine
HomeUncategorizedRibuan Unit Apartemen di Pinggiran Jakarta Ngantre Penyewa - Housing-Estate.com - Portal...

Ribuan Unit Apartemen di Pinggiran Jakarta Ngantre Penyewa – Housing-Estate.com – Portal Berita Properti No. 1 di Indonesia

Housing-Estate.com, Jakarta – Pengembangan apartemen di pinggiran Jakarta tidak terbendung. Harga tanah yang semakin mahal di Jakarta dan pusat-pusat pertumbuhan baru di sekitarnya mendorong menjamurnya hunian vertikal di Bodetabek. Dengan harga lebih terjangkau penjualan apartemen tersebut laris manis.

Apartemen Margonda Residence

Apartemen Margonda Residence

Ali Tranghanda, Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch (IPW), menyebut sedikitnya di Bogor, Tangerang, dan Bekasi ada sekitar 80 ribu unit apartemen. Itu belum termasuk Depok yang menjadi pusat pertumbuhan baru apartemen. Menurut Ali, sebagian besar apartemen tersebut dibeli untuk investasi. “Apartemen-apartemen itu tidak untuk ditinggali sendiri, karena investasi oleh pemiliknya akan disewakan,”  ujar Ali kepada housing-estate.com di Jakarta, Rabu (13/5).

Ali mengatakan, kawasan-kawasan yang aktifitas bisnisnya belum berkembang sebetulnya belum membutuhkan apartemen. Tapi pengembang bersemangat membangun karena orang yang mau berinvestasi apartemen cukup banyak. “Kalau melihat kebutuhan riel pasoknya sudah over supply,”  imbuhnya.

Masalah lain yang disoroti Ali adalah soal transportasi. Kecenderungan masyarakat yang lebih memilih tinggal di rumah tapak (landed house) membuat pembangunan perumahan semakin jauh ke pinggiran. Ini membuat jumlah komuter terus membesar karena mereka bekerja di Jakara. Masalahnya, infrastruktur jalan dan moda transportasi tertinggal dari pertumbuhan permukiman. Akibatnya, terjadi kemacetan pang dari pinggiran hingga ke pusat kota. “Karena tidak tahan akhirnya cukup banyak yang tidak menempati rumahnya dan memilih mengontrak atau kos dekat tempat kerja,” ujar Ali.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments